Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Pada abad ke-18, setelah terjadinya revolusi industri di Eropa, Teknik Mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu dan semakin berkembang seiring pesatnya perkembangan ilmu fisika pada abad ke-19.

Ilmu ini terdiri dari sejumlah cabang ilmu, yakni mekanika, teknik material, kinematika, termodinamika, dan energi. Secara umum, Teknik Mesin terdiri dari Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi Energi, dan Metalurgi.

1. Institut Teknologi Bandung

Menjadi bagian dari FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara), tak heran jika program studi teknik mesin ITB telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Di program studi teknik mesin ITB akan mempelajari mengenai konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida. Selain itu, di prodi ini akan belajar mengenai perancangan mesin yang efisien, dari gambar teknik, modeling, simulasi dari prototipe mesin.

2. Universitas Indonesia

Teknik mesin UI merupakan bagian dari fakultas Teknik UI. Program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Selain itu, teknik mesin UI juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASEAN University Network (AUN) 2008 dengan di bawah departemen teknik sipil. Teknik mesin UI juga menyelenggarakan program fast track untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya di bidang keteknikan dengan mendapatkan akreditasi internasional yaitu Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Terdapat 4 program studi yang mendapatkan akreditasi dari ABET yang diantaranya adalah program studi Teknik Mesin.

Baca juga : Kampus Jurusan Matematika Pupuler di Indonesia

4. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Teknik mesin ITS dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru untuk mendaftar di sini karena sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Jurusan teknik mesin ITS mempunyai tiga bidang studi yaitu Konversi Energi, Desain, dan Teknik Produksi.

Bidang konversi energi mempelajari cara mengubah energi dari sumbernya menjadi energi yang berguna. Bidang Studi Desain mempelajari bagaimana mendesain suatu peralatan mesin. Bidang Studi teknik produksi mempelajari cara memproduksi benda ataupun bagian mesin dari segi teknik, proses maupun manajemen.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS yang merupakan salah satu kampus favorit di kota Solo ini juga mempunyai program studi Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Mesin. Masing-masing dari kedua prodi tersebut juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Selain kelima kampus di atas, berikut ini merupakan kampus dengan program studi teknik mesin yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro memiliki program studi yang telah terakreditasi internasional salah satunya adalah program studi teknik mesin. Pencapaian ini diberikan oleh lembaga akreditasi internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).