1. Sastra Inggris

Sastra Inggris menjadi jurusan sastra teratas yang paling diminati mahasiswa. Beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan Sastra Inggris di Indonesia antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Binus University, dan masih banyak lagi.

Angka keketatan di jurusan ini juga terbilang tinggi. Sastra Inggris di UI pada SBMPTN 2021 hanya menerima 14 mahasiswa baru sedangkan peminatnya 857 orang dengan tingkat keketatan 1,63%. Lalu untuk jalur mandiri SIMAK ada 1505 peminat dan diterima hanya 22 orang.

2. Sastra Jepang

Jepang tak hanya dikenal dengan anime saja, namun juga budaya dan sastra yang menarik dipelajari. Hal ini yang menjadikan sastra Jepang diminati mahasiswa. Adapun kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (Unpad), hingga Universitas Airlangga (Unair). Prospek lulusannya bisa menjadi guru bahasa asing, dosen, penerjemah, hingga konsultan pendidikan.

3. Sastra Arab

Selanjutnya ada jurusan sastra Arab yang juga diminati mahasiswa. Jurusan ini mempelajari sejarah sastra Arab klasik, ilmu bayan, filologi, sosiolinguistik, dan banyak lagi. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini adalah UGM, UI, UNS hingga PTS seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baca juga :  5 Universitas Jurusan Ilmu Politik Terbaik di Indonesia

4. Sastra Korea

Budaya korea yang dikenal Internasional membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya termasuk dari segi kebahasaan. Mahasiswa jurusan Sastra Korea, nantinya akan diberikan materi tulisan dan komunikasi intensif bahasa Korea. Kemudian baru di tahun selanjutnya, mahasiswa diberikan mata kuliah.

Adapun beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini adalah UGM, UI, hingga Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Ambil contoh di UI, angka keketatan di jurusan ini juga terbilang tinggi. Bahasa dan Kebudayaan Korea di UI pada SBMPTN 2021 hanya menerima 9 maba sedangkan peminatnya 736 orang dengan tingkat keketatan 1,22%. Lalu untuk jalur mandiri SIMAK ada 963 peminat dan diterima hanya 15 orang.

5. Sastra Indonesia

Tidak kalah dengan sastra Asing, jurusan sastra Indonesia juga semakin diminati seiring banyaknya anak muda yang sudah terpapar karya sastra. Terlebih ada banyak penulis muda bermunculan dalam kesusastraan Indonesia. Hal ini membuat jurusan sastra Indonesia juga cukup digemari.

Beberapa PTN yang menyediakan jurusan ini adalah UI, UGM, Undip, UNY, hingga Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selepas lulus, sarjana sastra bisa bekerja sebagai penulis, editor, wartawan, content creator, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 5 jurusan sastra yang diminati di Indonesia. Apakah ada jurusan sastra incaranmu?