Namun nyatanya mencari kampus dengan jurusan ini tidaklah mudah terlebih lagi mendapatkan perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan dengan kualitas yang baik. Namun kalian jangan bingung, berikut ini ada beberapa informasi mengenai perguruan tinggi yang bisa kalian jadikan bahan referensi dalam memilih perguruan tinggi.

1. Universitas Indonesia

Perguruan tinggi pertama yang menyediakan jurusan matematika adalah Universitas Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan UI. Perguruan tinggi yang terletak di Depok, Jawa Barat ini memang terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Sebagai salah satu kampus terbaik tentu saja jurusan yang tersedia disana juga terbaik salah satunya matematika ini.

Jurusan matematika pada kampus in sudah berdiri cukup lama semenjak tahun 1961, saat ini juga jurusan tersebut memiliki banyak peminatan. Peminatannya seperti Matematika Komputasi, Matematika Murni, Matematika Riset Operasi, Matematika Statistika dan Matematika Aktuaria.

2. Institut Teknologi Bandung

Salah satu kampus jurusan matematika selanjutnya yaitu ITB (Institut Teknologi Bandung). Bukan sebuah rahasia lagi jika jurusan matematika yang ada di ITB merupakan yang terbaik di Indonesia. Untuk peminatan pada jurusan matematikanya ada 5 yaitu Aljabar, Matematika Kombinatorial, Analisis dan Geometri, Matematika Bisnis dan Industri serta Statistik.

Untuk urusan akreditasi sudah tidak diragukan lagi karena jelas-jelas sudah menyandang predikat A.. untuk daya tampungnya cukup banyak sekitar 180 orang. Walaupun banyak namun kalian harus bersaing dengan masyarakat Indonesia lain untuk bisa masuk ke jurusan ini.

3. Universitas Gadjah Mada

Untuk kalian yang berada di daerah Jogja dan sekitarnya dan ingin berkuliah di kampus dengan jurusan matematika terbaik maka pilihannya jatuh kepada Universitas Gadjah Mada (UGM). Mahasiswa yang diterima berkuliah di jurusan ini tidaklah banyak yaitu 18 orang jalur SNMPTN dan 32 orang untuk jalur SBMPTN.

Bahkan untuk akreditasi kampus yang satu ini juga sudah berhasil memiliki predikat A sama seperti ITB. Selain itu juga para mahasiswa jurusan ini juga sudah mampu mendapatkan penghargaan bergengsi pada kompetisi internasional, sungguh membanggakan bukan.

4. Institut Pertanian Bogor

IPB atau Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu kampus terbaik yang menyediakan jurusan matematika selanjutnya. Jangan takut mengenai akreditasinya karena sudah menyandang A dari BAN-PT. Daya tamping dari jurusan ini hanya 31 orang untuk jalur SNMPTN jadi lumayan sedikit.

Untuk kalian yang merasa penasaran apa saja hal yang dipelajari ketika masuk jurusan ini khususnya di IPB yaitu Matematika Keuangan, Aljabar, Pengantar Logika Matematika dan masih banyak lainnya. Perlu kalian ketahui jika jurusan ini merupakan jurusan dengan passing grade tertinggi nomor dua di IPB dimana untuk posisi pertama yaitu jurusan Ilmu Komputer.

5. Universitas Airlangga

Untuk kalian yang ingin berkuliah di daerah Jawa Timur namun masih tetap memiliki jurusan matematika yang terbaik maka Universitas Airlangga bisa kalian pilih. Kampus yang satu ini memang sangat terkenal dengan beragam jurusan terbaiknya dan matematika masuk di dalamnya.

Akreditasi yang dimiliki oleh jurusan ini adalah A dari BAN-PT dan untuk mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN untuk jurusan ini hanya sebanyak 30 orang saja. Untuk prestasi dari jurusan ini tidak perlu khawatir karena pernah meraih medali pada ajang Olimpiade internasional.

Baca juga :  Jurusan Teknik Biomedis

Jadi itulah beberapa informasi mengenai kampus jurusan matematika terbaik yang bisa kalian pilih untuk melanjutkan pendidikan. Mengingat kampus yang disebutkan diatas termasuk dalam kategori terbaik, sudah barang tentu persaingannya akan sangat ketat.

Jika kalian ingin masuk ke salah satunya maka buat persiapan sematang mungkin. Kalau perlu ikut beberapa bimbel yang memang khusus untuk masuk kuliah. Nantinya kalian akan sangat terbantu dalam mengerjakan beragam tes sehingga nantinya kalian bisa memperoleh hasil yang maksimal dan berhasil masuk ke kampus impian.