Galaksi adalah sebuah sistem bintang yang memiliki ukuran sangat besar, tersusun atas bintang-bintang yang jumlahnya tak terhitung banyaknya. Biasanya, bintang-bintang tersebut dapat juga berupa bintang tunggal maupun gugus bintang, kemudian ada juga planet, cluster, nebula, asteroid, komet, gas, hingga debu-debu kosmik. Perlu diketahui ya bahwa planet bumi ini bukanlah jenis bintang, sebab tidak memiliki kemampuan untuk memancarkan cahayanya sendiri.

Ciri-Ciri Galaksi

  • Sebuah galaksi itu memiliki cahaya sendiri dan cahayanya bukanlah berupa pantulan (fluorescence).
  • Sebuah galaksi itu memiliki bentuk khusus dimana terdapat bagian inti bercahaya di pusatnya, sehingga mudah dikenali.
  • Sebuah galaksi itu akan terlihat di luar jalur bintang Kali Serayu, sejauh apapun itu dari matahari.

Jenis-Jenis Galaksi

galaksi yang terdapat di seluruh alam semesta ini dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yakni :

1. Galaksi Spiral
Jenis galaksi yang satu ini paling umum dikenal orang, sebab sebagian besar galaksi memiliki bentuk demikian. Dalam galaksi tipe ini, bagian utamanya disebut dengan bulge dan hallo. Bulge adalah bagian pusat galaksi yang menonjol dan berupa bagian yang padat.

Nah, pada galaksi kita yaitu Bima Sakti, pusat galaksinya berada di arah rasi Sagitarius, tetapi mata kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Sedangkan hallo adalah bagian lengan spiral.

2. Galaksi Elips (Elliptical)
Bentuk dari jenis galaksi ini bermacam-macam, mulai dari bentuk hampir bulat seperti ellipsoidal hingga hampir berbentuk datar. Galaksi elips merupakan jenis galaksi yang diperkirakan memiliki bentuk elipsoid dan terlihat lembut, sebab terangnya cahaya pada antar bintang.

sehingga hampir keseluruhan bentuknya seolah rata dan terang. Bermacam-macam bentuk pada galaksi jenis ini tentu saja dapat mempengaruhi jumlah bintang yang ada di dalamnya.

3. Galaksi Tak Beraturan
Jenis galaksi ini disebut demikian sebab bentuknya bukan spiral maupun eliptikal, melainkan beragam bentuknya. Ada beberapa yang disebut dengan Galaxy Dwarf sebab bentuknya yang lebih kecil dibandingkan galaksi pada umumnya.

contohnya adalah M110. . Beberapa yang lainnya disebut dengan Ring Galaxy sebab berbentuk layaknya cincin dengan bagian tengah adalah pusatnya, contohnya adalah Objek Hong.

Nama Galaksi yang Terdapat di Alam Semesta

1. Galaksi Bima Sakti
2. Galaksi Andromeda (M31)
3. Galaksi Magellan Besar dan Magellan Kecil
4. Galaksi Sombrero
5. Galaksi The Rose (Arp 273)
6. Galaksi Sculptor (NGC 253)
7. Galaksi Black Eye (M64)
8. Galaksi Roda Biru (Blue Pinwheel Galaxy)
9. Galaksi Cartwheel
10. Galaksi Bunga Matahari (Sunflower)
11. Galaksi Ursa Mayor
12. Galaksi Pusaran Air (M51)

Teori Terbentuknya Galaksi

Terdapat dua teori utama mengenai bagaimana terbentuknya sebuah galaksi, yakni:

1. Teori Kelompok Chaostic
Pendapat dalam teori ini dikemukakan oleh sekelompok sarjana kosmologi modern, yang meyakini bahwa terbentuknya galaksi berhubungan dengan Teori Big Bang pada proses pembentukan alam semesta.

2. Teori Kelompok Quiescent
Pendapat dalam teori ini dikemukakan oleh sekelompok sarjana kosmologi yang percaya bahwa alam semesta sebenarnya memiliki jumlah kecil kondisi yang inhomogenitas, sehingga lambat laun akan berkembang membentuk galaksi.