Bersekolah atau kuliah di luar negeri menjadi impian bagi sebagian orang, memahami budaya luar yang berbeda dengan budaya Indonesia, memperkuat kemampuan bahasa asing, menemukan minat atau ketertarikan yang baru, memperluas jaringan pertemanan bahkan peluang karier.

menambah pengalaman hidup adalah segudang keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan bersekolah di luar negeri. Namun sayangnya, masih banyak yang menganggap biaya belajar di luar mahal dengan proses yang tidak mudah. Padahal banyak sekali beasiswa tersedia. Yuk simak 10 tips & trik mendapatkan beasiswa di bawah ini :

1. Buat Daftar Beasiswa yang Kamu Inginkan
Penting untuk membuat daftar beasiswa yang akan kamu apply. Jangan ragu untuk mencari tahu mulai dari jenis beasiswa, kualifikasi yang dibutuhkan, program studi yang ditawarkan hingga deadline beasiswa itu sendiri. Buatlah spreadsheet untuk mempermudah pencarian dan pengklasifikasian beasiswa.

2. Pilih Negara dengan Pelamar Sedikit
Tips yang satu ini cukup ampuh untuk bisa memperoleh beasiswa ke luar negeri. Jangan hanya memilih negara dengan peminat beasiswa yang membludak. Misalkan saja Inggris diminati oleh 500 pelamar maka kesempatanmu untuk bisa mendapat beasiswa berada di angka 1:500.

3. Sering Cek Website Resmi Lembaga Pemberi Beasiswa
Agar dapat mencari beasiswa yang sesuai, kamu harus terlebih dahulu mengetahui sekolah atau universitas mana yang kamu tuju. Setelah itu, sering-seringlah cek website lembaga pemberi beasiswa. Biasanya admin akan memberi informasi mengenai pengumuman beasiswa jauh-jauh dari tanggal deadline.

4. Pahami Visi Misi Organisasi
Pastikan kamu sudah mengetahui maksud dan tujuan beasiswa sebelum menyesuaikannya dengan apa yang kamu butuhkan. Contohnya jika kamu ingin mengambil beasiswa riset atau penelitian, beasiswa atletik cabang olahraga tertentu, atau beasiswa program studi tertentu.

5. Pengalaman Relevan dengan Bidang yang Mau Dipelajari
Selanjutnya, miliki pengalaman yang relevan dengan bidang studi yang kamu mau pelajari kedepannya. Contohnya jika kamu ingin melanjutkan bidang International Education Development, maka kamu harus punya pengalaman di bidang pendidikan sebelumnya, seperti pernah mendirikan organisasi pendidikan, atau pernah mengikuti konferensi di bidang pendidikan, dan lain-lain.

6. Aktif Berorganisasi
Seorang pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa tentunya harus memiliki keunggulan dibanding pelajar lainnya. Salah satu kiatnya adalah dengan terlibat aktif dalam kegiatan sejak sedini mungkin. Mengikuti ekstrakurikuler saat di SMA, menjadi anggota OSIS dan kegiatan organisasi lainnya selama kuliah, sudah menjadi hal standar bagi pelamar beasiswa.

7. Pelajari dan Lengkapi Persyaratan
Sebagian besar beasiswa merupakan beasiswa prestasi. Nah, jika beasiswa tipe ini menjadi incaran, kamu wajib menjaga nilai-nilai akademik secara konsisten, atau lebih baik lagi jika terus mengalami peningkatan. Selain itu pelajari persyaratan dan kriteria pendaftaran beasiswa baik-baik.

8. Kulik Informasi Informal
Mengulik informasi informal juga tidak kalah penting dengan informasi formal yang kamu dapatkan dari sumber resmi. Kamu juga perlu “kepo-kepo” dengan para alumni penerima beasiswa tersebut seputar pengalaman mereka dalam mendaftarkan diri, proses seleksi, sampai tips-tips “kece” supaya bisa tembus beasiswa idaman.

9. Minta Rekomendasi Dosen
Meminta Rekomendasi Dosen adalah Hal yang tidak kalah. Pastikan mencari deosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Contohnya kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen yang sudah bergelar S3 (doktor) dibandingkan dosen yang masih bergelar S2 (master).

10. Persiapkan Jauh Hari
Idealnya persiapan beasiswa adalah 12 bulan sebelum mendaftarkan diri. Mengapa? Pertama, dengan jeda waktu yang disediakan, kamu masih bisa mempelajari dan mengulik lebih dalam informasi yang kamu butuhkan. Lalu kamu bisa manfaatkan waktu yang panjang tersebut untuk mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.