Sponsored Links

Sekitar 400 ribu Guru Gagal UKG Tahap I

Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahap I telah dilaksanakan. Dari 985.497 guru yang seharusnya mengikuti UKG gelombang pertama, hanya 624.702 guru yang berhasil melaksanakan uji tersebut. Artinya, hampir 400.000 guru gagal mengikuti UKG gelombang pertama yang disebabkan oleh kendala teknis dan administrasi. Mereka akan dijadwal ulang untuk ikut dalam UKG gelombang kedua.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom menyebutkan, nilai rata-rata nasional UKG gelombang pertama hanya sekitar 4,5. Menurutnya, nilai rata-rata tersebut sudah menggambarkan kesulitan apa yang dialami para guru.

Berdasarkan peta tersebut, pihaknya akan mendesain diklat lanjut yang akan dilakukan dan harus dijalani oleh guru peserta UKG. ”Nilai rata-rata ini sudah menggambarkan apa saja yang harus kita dilakukan dan dalam kesulitan apa saja yang dialami para guru,” ungkap Syawal.

Dia mengemukakan, hasil ini dapat dijadikan masukan berharga bagi para guru untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kompetensi diri. Semua guru wajib melakukan pembinaan keprofesian secara individual maupun kelompok. ”Selain itu, hasil ini juga dijadikan masukan bagi sekolah untuk membina guru, penyelenggara diklat, dan LPTK,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi Penyelenggaraan UKG gelombang pertama, terdapat sejumlah guru yang mendapat nilai nol. Hal itu diduga terjadi karena kendala teknis saat penyelenggaraan uji kompetensi tersebut. Mantan Rektor Universitas Negeri Medan itu mengatakan, penyebab nilai nol tidak identik dengan kemampuan dan komptensi guru. ”Nilai nol itu terjadi bisa saja guru sudah login ke sistem, soal sudah terbuka, tapi langsung keluar tidak menjawab,” tuturnya.

Dia menuturkan, ada kasus seorang guru Penjaskes yang terdaftar sebagai guru kelas. Ketika berhasil login, guru tersebut tidak menjawab dan keluar dari sistem, karena soal yang keluar tidak sesuai dengan pelajaran yang diampunya. Meskipun demikian, mereka akan tetap diberi kesempatan mengulang pada UKG gelombang kedua pada Oktober 2012.

Post a Comment

0 Comments