Sponsored Links

6.700 Guru Semarang Ikuti UKG

Sekitar 6.700 guru di di Ibukota Jateng Kota Semarang mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang digelar mulai Senin (30/7) hingga 6 Agustus 2012 secara online. Dinas Pendidikan Kota Semarang telah menunjuk 34 sekolah yang memiliki sarana-prasarana laboratorium komputer dan terhubung dengan jaringan internet sebagai tempat lokasi ujian. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan, pihaknya bertugas untuk memfasilitasi Penyelenggaraan UKG tingkat daerah dengan berkoordinasi dengan lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Jateng.

"Sebanyak 6.700 peserta tersebut merupakan guru mata pelajaran dari jenjang SMA hingga TK dan SLB yang telah bersertifikat. Adapun, pihak kami sudah memasyarakatkan UKG online kepada seluruh guru. Sehingga, bagi pendidik yang sudah lanjut usia pun tetap dapat menggunakan komputer untuk online pada proses ujian tersebut, dan jika tetap kesulitan akan ada petugas operator yang membantu," jelasnya, Minggu (29/7).

Penyelenggaraan UKG berlangsung selama 150 menit atau sekitar dua jam. Adapun, karena keterbatasan tempat, ujian dilangsungkan secara bergiliran dan dibagi dalam beberapa gelombang. Bunyamin menjelaskan, Penyelenggaraan UKG tersebut merupakan langkah pemerintah untuk memetakan kompetensi para guru yang telah tersertifikasi. Dari hasil UKG tersebut, selanjutnya akan dilakukan pembinaan bagi guru-guru yang dinyatakan tidak lolos pada ujian tersebut.

"Jadi, ini nanti tidak ada kaitannya dengan dihentikan tunjangan profesional yang sudah mereka terima jika tidak lolos," katanya. Sementara itu, khusus UKG bagi guru SMK akan digelar pada 1-6 Oktober mendatang bersamaan dengan ujian yang dilakukan untuk pengawas sekolah.

Post a Comment

0 Comments