Sponsored Links

Jadwal UKG Online Gelombang Kedua

Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang I cukup berhasil memetakan kompetensi guru sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professional development). Disamping itu UKG merupakan bagian dari proses penilaian kinerja untuk mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi. Pro dan kontra serta kekurang-berhasilan pelaksanaan UKG pertama hendaknya tidak dibesar-besarkan. Bagaimana pun UKG pertama merupakan sebuah pengalaman berharga untuk meningkatkan program UKG Guru selanjutnya.

Ya, UKG tetap akan dijalankan. Pemerintah melalui Kemdikbud RI telah merancang Jadwal UKG Online Gelombang Kedua. Jadwal UKG online gelombang kedua ditetapkan bulan Oktober 2012. Peserta UKG online akan dilakukan validasi dan verifikasi data terlebih dahulu oleh Badan PSDMPK-PMP melalui LPMP dan Dinas Kabupaten/Kota. Peserta diharapkan melakukan pemutakhiran datanya di dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Data-data yang harus di cek kebenarannya meliputi No Peserta Sertifikasi, NUPTK, Mata Pelajaran Yang akan diujikan, jenjang dan TUK (tempat Uji Kompetensi). Pemutakhiran data sangat penting agar pada saat ujian peserta dapat mengikuti ujian dengan soal yang sesuai dengan bidang sertifikasinya. Pemutakhiran data peserta di dinas pendidikan kabupaten/kota serentak akan dimulai pada tanggal 15 September - 16 September 2012.

Jadwal UKG Online Gelombang Kedua



UKG Online Keterangan
Waktu Pelaksanaan 2 Oktober 2012 s/d selesai
Peserta Guru yang belum ikut UKG Gel. I dan Guru peserta UKG gelombang pertama yang mengalami kendala baik teknis maupun administrasi


Keterangan:
Pelaksanaan UKG gelombang kedua akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2012 s/d selesai. Peserta yang ikut selain yang telah dirancang mengikuti pada gelombang kedua, juga, peserta gelombang pertama yang mengalami kendala baik teknis maupun administrasi. Guru-guru peserta uji kompetensi guru (UKG) online yang merasa dirugikan pada pelaksanaan gelombang pertama bisa ikut pada gelombang kedua. Para guru dapat melapor di dinas pendidikan atau lembaga penjaminann mutu pendidikan (LPMP).

Mohon dieperhatikan:
Para guru yang tidak ikut UKG akan sulit naik pangkat. Sebab, hasil UKG dan pembinaan guru dibutuhkan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat. (Pernyataan disampaikan Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendikbud).

Post a Comment

0 Comments