Sponsored Links

Pelaksanaan UKG di Solo 30 Juli Dibatalkan

Ratusan guru bersertifikasi di daerah yang seharusnya mengikuti uji kompetensi guru (UKG) hari pertama, terpaksa gagal. Bukan karena guru tersebut tidak siap, melainkan karena koneksi ke server panitia pusat tidak tersambung.

Pelaksanaan UKG guru SMP bersertifikasi hari pertama, Senin (30/7/2012), di Solo yang dilaksanakan di sejumlah sekolah dalam tiga gelombang. Semenjak pagi, para guru yang mendapat jatah mengikuti UKG gelombang pertama telah datang di lokasi yang ditentukan untuk bersiap mengikuti proyek kementerian yang digelar secara serentak tersebut.

Namun setelah masuk ke lokasi UKG, para guru itu harus mendapati kenyataan bahwa koneksi internet yang seharusnya dipakai peserta tidak terhubung ke server pusat sehingga tidak bisa mendapatkan soal-soal. Beberapa menit berusaha diutak-atik, tetap saja tidak nyambung. Lebih dari satu jam dari jadwal tetap saja tidak nyambung. Panitia pengawas juga tidak mampu berbuat banyak.

"Akhirnya tadi diputuskan seluruh rencana UKG hari ini dibatalkan karena ada persoalan teknis. Katanya akan dilaksanakan tanggal 12 Agustus nanti. Kendala teknis seperti ini sangat merugikan karena para guru itu telah meninggalkan jam belajar mengajar untuk mengikuti UKG. Dengan kejadian ini para siswa telah merugi selama sehari," ujar seorang peserta, Sri Suyatmi.

Problem serupa juga terjadi di Boyolali. Karena koneksi jeblok, ujian yang dilaksanakan secara online tersebut gagal karena komputer tidak bisa mengakses data dan soal dari pusat. Puluhan guru SMP peserta ujian tersebut terpaksa harus menunggu cukup lama di lokasi ujian. Akhirnya diperoleh kepastian bahwa pelaksanaan ujian kompetensi Senin batal dilaksanakan.

Kasi Pengendalian Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olagraga (Disdikpora) Boyolali, Agus Sucipto menyampaikan bahwa pihaknya mendapat pemberitahuan dari Sekretariat Badan dan Pejabat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, pelaksanaan ujian kompetensi hari ini dibatalkan.

UKG untuk guru bersertifikasi di Boyolali diikuti 5.108 orang, dari guru TK sampai SMA/SMK. Rencananya untuk guru SMP dilaksanakan 30 Juli - 2 Agustus, di 6 lokasi dengan digelar sebanyak 3 gelombang dalam sehari yaitu 07.30 – 10.00 WIB, 10.30 – 13.00 WIB dan 14.00 – 16.30 WIB. Setiap gelombang dalam satu lokasi 20 peserta.

Sedangkan UKG untuk guru SMA/SMK akan dilaksanakan tanggal 3 - 6 Agustus 2012 mendatang. Untuk guru SD akan dilaksanakan pada 7 - 12 Agustus 2012.

Post a Comment

0 Comments