Sponsored Links

Kisi-kisi

Kisi-kisi soal ujian bisa dipergunakan oleh para calon peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara lebih terarah pada materi yang diperkirakan akan tampil dalam pelbagai bentuk / jenis ujian. Situs info Uji Kompetensi Guru memberikan beberapa kisi-kisi yang penting untuk diketahui oleh para pendidik dalam rangka mempersiapkan ujiannya atau ujian muridnya. Kisi-kisi yang kami sampaikan meliputi kisi-kisi UKG Online dan Tertulis (Paper Pencil Test), Kisi-kisi Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru, dan kisi-kisi ujian nasional (UN). UKG :

Kisi-kisi Soal Ujian UKG Online dan Paper Pencil Test

Pengembangan instrumen uji kompetensi guru (UKG) terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Aspek kompetensi yang diujikan

1. Kompetensi Pedagogik Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan Permendiknas sebagai berikut:



a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik

b. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif

c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum

d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif

e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Kompetensi Profesional



a. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

c. Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:

- teks, konteks, & realitas

- fakta, prinsip, konsep dan prosedur

- ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu

Untuk memahami Kisi-kisi Soal Ujian UKG silakan download melalui halaman ini

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru

Pengembangan instrumen uji kompetensi awal terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKA sertifikasi guru dikembangkan oleh Tim Ahli yang berpengalaman di bidangnya. Mendikbud menjelaskan, ada empat ranah yang akan diujikan, yaitu kompetensi pedagogi, kompetensi akademik, kompetensi institusional, dan kompetensi profesi. Karena itulah, uji kompetensi dilakukan untuk melihat kompetensi seseorang apakah sudah memenuhi empat ranah tersebut. Uji kompetensi juga dilakukan untuk memastikan orang yang masuk ke dalam PLPG, apakah sudah memenuhi persyaratan minimal yang harus dipenuhi. Jika peserta sudah memenuhi standar minimal dan mendapat sertifikasi, berarti dia dianggap sudah profesional secara administratif.

Untuk memahami Kisi-kisi Soal UKA sertifikasi guru silakan download melalui halaman ini

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional

Kisi-kisi soal UN merupakan acuan dalam penyusunan soal ujian nasional pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Kisi-kisi UN 2013 ini disusun berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang tercantum pada peraturan Mendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi untuk pendidikan dasar dan menengah.

Untuk memahami Kisi-kisi Soal Ujian Nasional siswa silakan download melalui halaman ini

Demikian info Kisi-kisi Soal Ujian kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Read More...

Popular Posts

There was an error in this gadget

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates