Sponsored Links

Tuesday, November 10, 2015

Latihan Soal UKG Guru TK/Paud Tahun 2015

Pada penyelenggaraan UKG November 2015 ini, guru-guru TK / Paud pun merespon positif pelaksanaan UKG 2015. Sebagian peserta sudah memahami bahwa tujuan UKG adalah sebagai alat untuk melakukan pemetaan terhadap kompetensi guru sehingga UKG adalah sesuatu yang bagus.

Contohnya peserta uji kompetensi guru (UKG) di Kota Surabaya yang sebagian besar merupakan guru-guru TK pada tiga hari pertama pelaksanaan UKG, yaitu 9-11 November 2015, ternyata berpandangan sangt positip terhadap program UKG dari Pemerintah ini.

Beberapa guru TK/Paud melakukan beberapa persiapan sebelum menghadapi uji kompetensi. Salah satunya dengan mempelajari kisi-kisi yang diambil dari internet. Kisi-kisi dibagikan oleh kepala sekolah seminggu sebelumnya. Kemudian dipelajari sendiri, lalu rembuk bersama dengan guru lainnya.

Ada juga guru yang mengaku tidak memiliki persiapan khusus sebelum mengikuti UKG. Namun walaupun begitu, mereka sempat melihat kisi-kisi di internet. Dari kisi-kisi itulah ia mendapat sedikit gambaran mengenai soal-soal uji kompetensi untuk guru TK.

Untuk membantu para guru TK/Paud peserta UKG yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 27 November 2015, kami berikan contoh-contoh Latihan Soal UKG Guru TK/Paud untuk Bulan November 2015, baik bagi guru yang mengikuti UKG online maupun UKG offline.


Silakan di Download beberapa Latihan Soal UKG TK/Paud 2015 :


Kemampuan Pedagogik



  1. Latihan Soal UKG TK/Paud | silakan di unduh disini
  2. Pembahasan Latihan Soal UKG TK/Paud | silakan di unduh disini

Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru TK/Paud dinilai relevan dan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal itu juga sejalan dengan pedoman pemerintahan sekarang, yang berpegang pada Nawa Cita, di mana pendidikan dan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu perhatian.

Seperti pernah dikatakn Mendikbud bahwa pendidikan anak usia dini, merupakan hal yang penting dan genting untuk dilakukan. Dikatakan penting, karena mandatnya adalah mengembangkan potensi anak pada masa emas. Genting karena waktunya pendek. Padahal pada masa emas inilah anak ditentukan.

Periode emas seorang anak akan dapat dimanfaatkan dengan baik apabila mendapatkan stimulasi yang baik pula, salah satunya dengan pendidikan anak usia dini. Generasi muda merupakan generasi pemilik masa depan. Tanggung jawab kita semua mempersiapkan mereka agar di masa depan bisa menjadi generasi yang makmur, berdaulat, adil dan makmur.

Sebagai informasi bahwa Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD terus meningkat dari tahun ke tahun. Mendikbud mengatakan, tahun 2015 APK PAUD mencapai 70 persen. Mendikbud juga memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berperan serta mengembangkan pendidikan anak usia dini, seperti Bunda PAUD se-Indonesia, pihak swasta, hingga masyarakat.


Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Latihan Soal UKG Guru TK/Paud Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates