Sponsored Links

Tuesday, November 10, 2015

Latihan Soal UKG Guru SMP/MTs Tahun 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berkenan meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 pada hari pertama (Selasa, tanggal 09 November 2015) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Pada kunjungan tersebut, Mendikbud berpesan mengenai keberadaan UKG bagi para guru. Menurut beliau, UKG ini merupakan cermin bagi guru, karena nantinya dari hasil UKG akan terlihat apakah puas atau tidak, lalu punya keinginan untuk belajar lagi.

Maksudnya nanti hasil UKG bisa diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya, Pihak Kemdikbud mempunyai tugas untuk menyiapkan alat untuk bercermin, dan bapak ibu guru menpersiapkan kompetensinya untuk diukur. Tiap guru akan berbeda pelatihannya, ada yang kelas jauh, ada yang seminar, bergantung masing-masing hasilnya.

Pelaksanaan UKG ternyata tidak mengganggu para siswa yang sedang belajar. Karena, ujian UKG online, dilaksanakan di ruang komputer sedangkan siswa di ruang (kelas) lainnya.

Untuk membantu para guru SMP/MTs peserta UKG yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 27 November 2015, kami berikan contoh-contoh Latihan Soal UKG SMP/MTs untuk Bulan November 2015, baik bagi guru yang mengikuti UKG online maupun UKG offline.


Silakan di Download beberapa Latihan Soal UKG SMP/MTs 2015 :


Kemampuan Pedagogik



  1. Latihan Soal UKG SMP/MTs | silakan di unduh disini
  2. Pembahasan Latihan Soal UKG SMP/MTs | silakan di unduh disini

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Sumarna Surapranata, bahwa uji kompetensi guru (UKG) bulan November 2015 ini dilakukan untuk melakukan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru. Hal tersebut dikatakannya untuk menjawab salah satu tuntutan guru honorer yang menolak dilaksanakannya UKG jika hasilnya digunakan untuk melakukan pemotongan tunjangan profesi.

Menurutnya, selama ini Kemdikbud hanya memiliki potret UKG untuk 1,6 juta guru, yaitu guru yang sudah memiliki sertifikat dan yang akan disertifikasi. Potret tersebut diperoleh setelah guru-guru melalui uji kompetensi awal (UKA) dan uji kompetensi guru (UKG).

Pada uji kompetensi guru bulan November ini, baseline tentang kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).


Semoga informasi Latihan Soal UKG SMP/MTs 2015 dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Latihan Soal UKG Guru SMP/MTs Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates