Sponsored Links

Wednesday, November 11, 2015

Latihan Soal UKG Guru SMK/MAK Tahun 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bulan November ini melakukan pengukuran akademis guru-guru termasuk guru SMK/MAK dengan kegiatan uji kompetensi guru (UKG). Menurut Kemdikbud kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Sedangkan pengukuran non-akademis dilakukan dengan cara penilaian terhadap kinerja guru.

Semua guru baik SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang ada di bawah Kemdikbud maupun MAK (Madrasah Aliyah Kejuruan) di bawah Kemenag akan menjalani UKG. Sebelumnya, UKG hanya dilakukan kepada guru yang telah tersertifikasi atau yang akan disertifikasi.

Dirjen GTK Kemdikbud Pranata mengatakan, UKG harus dilakukan secara rutin karena ada target yang harus dicapai. Di 2019 mendatang, menurutnya, rata-rata nilai UKG harus mencapai angka delapan. Target tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mengenai guru yang terdiri atas tiga poin. Pertama, meningkatkan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas GTK; kedua, meningkatkan kualitas LPTK; dan ketiga, meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru.

Sedangkan untuk pengukuran non-akademis yang dilakukan dengan cara menilai kinerja guru, Pranata menjelaskan, pihaknya sedang melakukan riviu terhadap mekanisme penilaian terasebut. Yang diukur dalam penilaian kinerja guru adalah keterampilan, kehadiran dan motivasi. Penilaian kinerja guru selama ini dilakukan oleh atasan langsung guru yaitu kepala sekolah atau pengawas. Penilaian model tersebut, kata Pranata bersifat subjektif. Untuk itu diperlukan pihak luar yang juga ikut menilai.

Untuk membantu para guru SMK/MAK peserta UKG yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 27 November 2015, kami berikan contoh-contoh Latihan Soal UKG guru SMK/MAK untuk Bulan November 2015, baik bagi guru yang mengikuti UKG online maupun UKG offline.


Silakan di Download beberapa Latihan Soal UKG SMK/MAK 2015 :


Kemampuan Pedagogik



  1. Latihan Soal UKG SMK/MAK | silakan di unduh disini
  2. Pembahasan Latihan Soal UKG SMK/MAK | silakan di unduh disini

Dengan kegiatan uji kompetensi guru (UKG) bagi guru-guru SMK/MAK menurut hemat kami akan semakin meningkatkan kualitas guru SMK/MAK guna mendorong pertumbuhan SMK dikarenakan SMK tidak saja sekadar menjadi tempat pelatihan dan mendidik anak-anak.

SMK nantinya akan dijadikan sebagai pusat pengembangan dan distribusi kemajuan bagi masyarakat setempat. Bagian pemerintah untuk membantu menyiapkan infrastrukturnya.

Seperti pernah sisampaikan Dirjen GTK Kemdikbud Pranata yang mengatakan, bahwa dalam mekanisme yang sedang disiapkan ini, pihak luar yang bisa ikut menilai di antaranya adalah komite sekolah, masyarakat, bisa juga siswa yang menilai guru secara objektif. Harapannya, penilaian terhadap kinerja guru ini akan mendapatan potret yang lebih baik.

Pranata menerangkan, guru profesional artinya guru mengampu bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Sosok guru yang profesional tersebut, tuturnya, memiliki kemampuan pedagogik, sosial, dan kepribadian bangsa. Kepribadian bangsa yang dimaksud adalah pribadi yang sesuai dengan visi misi kebangsaan.

Ke depan, kata dia, profesionalisme guru harus menjadi demand atau keinginan. Sebagai regulator, pemerintah pusat akan menyiapkan berbagai bentuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru yang bisa dilakukan secara mandiri maupun kelompok. Pembiayaannya bisa dari negara, pemerintah daerah, atau oleh CSR perusahaan.


Semoga informasi uji kompetensi guru (UKG) bagi guru-guru SMK/MAK dapat memberikan manfaat terutama kepada mereka yang membutuhkan informasi penting, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- Kemdikbud

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Latihan Soal UKG Guru SMK/MAK Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates