Sponsored Links

Wednesday, November 11, 2015

Latihan Soal UKG Guru SMA/MA Tahun 2015

Seorang guru sudah seharusnya menyadari bahwa profesinya adalah kunci dalam kualitas pendidikan di Indonesia. Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 8 tentang Guru dan Dosen, bahwa salah satunya guru wajib memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Selain itu, guru juga memiliki 30 persen faktor keberhasilan atau kesuksesan siswa maka guru harus meningkatkan kompetensinya agar menghasilkan manusia Indonesia yang berkualitas.

Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) Guru SMA/MA tahun 2015 dimulai hari Senin 9 November 2015 dan akan berlangsung s.d. tanggal 27 November 2015. Terkecuali yang terkendala ada tugas lain atau sakit, Kemdikbud sudah menjadwalkan UKG Susulan pada awal Desember tahun 2015.

Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah menyediakan tempat uji kompetensi (TUK) sejumlah 4.035 yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Salah satu sekolah yang menjadi TUK yang terdapat di Kota Surabaya Jatim adalah SMA Negeri 6 Surabaya yang melayani sekitar 600 guru dalam UKG 2015.

Laboratorium komputer di sekolah ini menyediakan 26 unit komputer untuk dipakai dalam UKG. Sebanyak 20 unit komputer digunakan untuk peserta, sedangkan 6 komputer sisanya digunakan untuk cadangan. UKG di SMAN 6 Surabaya akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 9 hingga 18 November 2015. Setiap hari terdiri dari tiga gelombang dengan peserta masing-masing gelombang maksimal 20 orang.

Untuk membantu para guru SMA/MA peserta UKG yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 27 November 2015, kami berikan contoh-contoh Latihan Soal UKG guru SMA/MA untuk Bulan November 2015, baik bagi guru yang mengikuti UKG online maupun UKG offline.


Silakan di Download beberapa Latihan Soal UKG guru SMA/MA 2015 :


Kemampuan Pedagogik



  1. Latihan Soal UKG SMA/MA | silakan di unduh disini
  2. Pembahasan Latihan Soal UKG SMA/MA | silakan di unduh disini

Terkait tata cara menjawab soal serta penggunaan tombol-tombol navigasi yang digunakan dalam aplikasi UKG nantinya akan dijalskan oleh Panitia di TUK (tempat uji kompetensi) masing-masing. Kemudian peserta UKG juga akan diberi kesempatan untuk melakukan uji coba (try out) atau simulasi uji kompetensi guru dengen menggunakan aplikasi UKG. Tahapan uji coba atau simulasi ini merupakan tahapan yang wajib dilakukan sebelum guru peserta UKG mengerjakan soal UKG yang sebenarnya.

Semoga informasi Latihan Soal UKG Guru SMA/MA Tahun 2015 dapat memberikan bermanfaat bagi para guru peserta UKG (Uji Kompetensi Guru), Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Latihan Soal UKG Guru SMA/MA Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates