Sponsored Links

Tuesday, November 10, 2015

Latihan Soal UKG Guru SLB Tahun 2015

Pendidikan Inklusi seperti Sekolah Luar Biasa (SLB) mendapat perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyediaan akses pendidikan. Sekolah Luar Biasa (SLB) sebagai lembaga pendidikan yang melayani anak-anak berkebutuhan khusus, sebagian besar hanya dapat diakses di daerah kabupaten/kota, sedangkan banyak anak-anak tersebut yang tinggal di daerah pedesaan. Hal tersebut menjadi penghambat bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam menjangkau akses Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK))

Menurut Kepala Sub Direktorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Harizal, banyak SLB yang didirikan di kabupaten/kota, sedangkan anak-anak ada yang tinggal di desa-desa dengan kondisi geografis yang sulit, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk ke kabupaten/kota. Ini menjadi kendala yang harus dipikirkan tentang sulitnya menjangkau akses pendidikan.

Untuk menjamin akses pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, Harizal mengatakan, Kemdikbud mendorong pemerintah daerah untuk menjadikan daerahnya ramah terhadap pendidikan inklusi. Saat ini menurutnya, Kemdikbud sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan 12 provinsi dan 57 kabupaten/kota untuk mengajak pemerintah daerah menjadi daerah ramah pendidikan inklusi.

Dewasa ini di negara kita Indonesia masih terdapat sekitar 90 daerah yang belum memiliki akses pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Mencermati hal ini, Kemdikbud mendorong daerah-daerah tersebut untuk memiliki lembaga pendidikan SLB. Dalam pendirian SLB tersebut pun Kemdikbud memberikan pentunjuk teknis pendiriannya agar akses pendidikan tidak saja didirikan di kota-kota, tetapi juga di desa-desa atau pinggiran kota (suburban).

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan Inklusi, guru-guru Sekolah Luar Biasa (SLB) pun, yaitu mereka yang telah memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) diwajibkan mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Guru yang dijadwalkan dari tanggal 9 s.d. 27 November tahun 2015.

Untuk membantu para Guru Sekolah Inklusi / SLB peserta UKG yang berlangsung dari tanggal 9 s.d. 27 November 2015, kami berikan contoh-contoh Latihan Soal UKG SLB untuk Bulan November 2015, baik bagi guru yang mengikuti UKG online maupun UKG offline.


Silakan di Download beberapa Latihan Soal UKG SLB 2015 :


Kemampuan Pedagogik



  1. Latihan Soal UKG SLB | silakan di unduh disini
  2. Pembahasan Latihan Soal UKG SLB | silakan di unduh disini

Selain penyediaan akses pendidikan melalui pendirian lembaga pendidikan, Kemdikbud juga akan memberikan beasiswa kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Pihaknya juga akan memikirkan agar anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh. Karena tidaklah cukup bagi mereka kalau sekedar gratis biaya pendidikan, namun harus dipikirkan bagaimana mereka dapat membeli sepatu, tas, alat pendidikan penunjang, dan sebagainya.

Pada masa kepemimpinan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, beliau pernah menyerahkan beasiswa sebesar Rp84,3 miliar bagi anak berkebutuhan khusus tingkat SD, SMP,SMA, dan SMALB. Bantuan ini sebagai penghargaan bagi mereka yang ikut serta memajukan pendidikan, khususnya peserta didik anak berkebutuhan khusus.

Semoga informasi Latihan Soal UKG Guru SLB Tahun 2015 dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Latihan Soal UKG Guru SLB Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates