Sponsored Links

Sunday, September 20, 2015

Jumlah Peserta Uji Kompetensi Guru Tahun 2015

Pada bulan Maret 2015, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud telah sukses melaksanakan Uji Kompetensi Awal (UKA) bagi guru dan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (UKKS/PS) yang dilakukan secara daring/dalam jaringan (online) dan luring/luar jaringan (offline). Peserta Uji Kompetensi Guru tersebut adalah sebanyak 242.308 peserta yang mengikuti UKA dan UKKS/PS tahun 2015.

Uji Kompetensi Awal (UKA) yang digelar secara online (daring) diikuti 38.486 orang yang tersebar di 34 provinsi dan 471 kabupaten/kota. UKA luring diikuti 930 orang yang tersebar di 5 provinsi dan 34 kabupaten. Sedangkan UKKS/PS daring diikuti 176.378 kepala sekolah dan 28.560 pengawas sekolah yang tersebar di 34 provinsi dan 471 kabupaten/kota.

Kepala BPSDMPK-PMP Syawal Gultom mengatakan tujuan dilakukannya UKA dan UKKS/PS adalah untuk pemetaan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. UKA dan UKKS/PS juga dilakukan sebagai dasar pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam bentuk kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan.

Belakangan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Sumarna Surapranata juga merencanakan suatu uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 ini. Uji kompetensi guru (UKG) tersebut akan dilakukan untuk mengadakan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru.

Mengenai jumlah peserta yang harus ikut dalam uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 adalah bukan hanya 242.308 peserta seperti UKA dan UKKS/PS Maret lalu. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang akan bekerja sama dengan dinas pendidikan dan sekolah akan melakukan uji kompetensi guru kepada seluruh guru di Indonesia, yakni kepada sejumlah 3.015.315 orang, termasuk tenaga guru honorer.

Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, selama ini Kemdikbud hanya memiliki potret UKG untuk 1,6 juta guru, yaitu guru yang sudah memiliki sertifikat dan yang akan disertifikasi. Potret tersebut diperoleh setelah guru-guru melalui uji kompetensi awal (UKA) dan uji kompetensi guru (UKG).

Pada uji kompetensi guru November nanti, tutur Pranata, baseline tentang kompetensi guru yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat).

Menurut hemat kami, bahwa Uji kompetensi guru tersebut akan berfokus kepada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.


Sumber:
- Kemdikbud
- Litbang Kemdikbud

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Jumlah Peserta Uji Kompetensi Guru Tahun 2015”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates