Sponsored Links

Sunday, April 21, 2013

Ratusan Guru Dinilai Tidak Layak Menerima Sertifikasi

Ratusan guru di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dinilai tidak layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerima sertifikasi sebagai pendidik.

Mereka tidak lolos sertifikasi penilaian berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) Kemdikbud pada triwulan pertama. Akibatnya, mereka terancam tidak menerima dana sertifikasi guru.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi pada triwulan pertama ada sebanyak 677 guru yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Penetapan hasil ini langsung dilakukan Kemdikbud dengan sejumlah parameter.

Salah satu paremeternya guru dikatakan tidak memenuhi syarat karena tidak mampu mengajar secara tatap muka selama 24 jam seminggu.

Selain itu, guru tersebut mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kompetensinya.

Ketua Tim Teknis Sertifikasi, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Dede Daniel menjelaskan ratusan guru yang dinilai tidak layak ini masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki kinerja.

“Dalam satu tahun para guru diberikan peluang sebanyak empat kali untuk mendapatkan surat keputusan (SK) dana sertifikasi. Sementara pada triwulan pertama ada 4 ribu guru yang dinilai layak mendapatkan tunjangan sertifikasi dengan ketentuan yang ada,” kata Dede, Senin (25/3).

Dede merinci jumlah guru di Kabupaten Sukabumi mencapai sebanyak 12 ribu orang. Guru yang sudah sertifikasi baru mencapai sekitar 7 ribu orang. “Masih ada sekitar 40 persen guru yang belum mendapatkan sertifikasi,” cetusnya.

Di lain sisi, kalangan pendidik mempertanyakan penetapan ratusan guru tidak layak oleh Kemdikbud. Pasalnya, jumlah guru yang dinilai tidak layak cukup banyak. Mereka khawatir adanya kesalahan informasi dalam memasukan data ke Dapodik Kemdikbud.

“Banyak guru yang seharusnya dinyatakan layak malah ditetapkan sebagai guru yang tidak memenuhi syarat. Padahal semua persyaratannya sudah dipenuhi. Jadi kami khawatir adanya kesalahan dalam memasukan data,” keluh salah seorang guru di Kecamatan Gunungguruh Sukabumi Jabar.

Sumber: Poskota

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Ratusan Guru Dinilai Tidak Layak Menerima Sertifikasi”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates