Sponsored Links

Sunday, April 21, 2013

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAI SMK

Dalam rangka peningkatan kompetensi guru PAI, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMK Tingkat Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) tingkat SMK. Bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang, Senin, 29 Desember s/d 13 Januari 2013, bertempat di Aula SMKN 01 Kedungwuni Kab. Pekalongan acara diselenggarakan satu minggu yang di bagi dalam tiga tahap. Dihadiri oleh 50 peserta dari guru-guru PAI se-Kabupeten Pekalongan.

Peserta begitu antusias terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut dan sesekali terdengar gelak tawa dari peserta dikarenaka bukan hanya materi yang diberikan kepada peserta tetapi terkadang pemateri memberikan beberapa permainan agar peserta tidah jenuh dan dapat menimbulkan rasa solidaritas sesama peserta.

Menurut Ketua penyelenggara acara pelatihan Mufasiroh, MSI yang didampingi oleh sekretaris panitia Rahmi Nuzulia, M.Pd.I menerangkan acara tersebut rencananya dilaksanakan dalam satu minggu yang dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap I, 29 – 31 Desember 2012, tahap II, 5 – 7 Januari 2013 dan tahap III, 13 Januari 2013, di ikuti oleh 50 guru-guru PAI, Pemateri yaitu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Pekalongan Drs. H. Umaidi, M.Si membawakan materi ”Peran Guru dalam Membangun Budaya dan Karakter Bangsa”, Kasi Mapenda Kab.Pekalongan Drs. H.Herman Helmi dengan materi ”Kompetensi Guru PAI”, dosen STAIN Pekalongan Dr. H.Muhlisin, M.Ag dengan ”Konsep Dasar Karya Tulis Ilmiah” dan dari balai Diklat “Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan” Rr. Sri Sukarni Katamwatiningsih, M.Pd, Drs. Mukhroji Arifin, S.Ag, M.Pd.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Pekalongan Drs. H. Umaidi, M,. dalam sambutan mengatakan, pelatihan ini sangatlah bagus karena untuk meningkatkan kualitas, kompetensi serta kualitas guru PAI SMK dalam mengajar peserta didik. Dan guru sebagai seorang pengajar sebisanya dapat berinofasi dalam mengajar agar bisa dengan mudah diterima oleh siswanya.

Kepala Kankemenag Kab. Pekalongan Dr. H. A. Umar MA, dalam sambutannya juga berpesan dalam menghadapi peserta didik. Pembelajaran yang diterapkan secara tepat adalah pembelajaran holistik. Dalam metode tersebut, setiap materi disampaikan secara keseluruhan, Oleh karena itu, banyak-banyaklah menggunakan media pembelajaran secara praktek, bukan dengan berasosiasi (membayangkan),” urainya.

Sumber: Kemenag

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAI SMK”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates