Sponsored Links

Sunday, April 21, 2013

Kompetensi Guru Harus Ditingkatkan

Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sekolah disayangkan. Hal tersebut dinilai tidak efektif karena jumlah gurunya saat ini lebih dari cukup.

"Dosen apa harus tinggalkan kuliahnya, mahasiswanya, apa kita kekurangan guru?, kenapa libatkan dosen. Kalau kemampuan (guru) kurang, tingkatkan kemampuan guru, lakukan evaluasi," ujar Anggota Komisi X DPR RI Ita Trijayanti, dalam diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2013), inilah.com.

Dia juga mengatakan apabila UN dijadikan sebagai seleksi untuk memasuki perguruan tinggi seharusnya ketika siswa masuk sebuah perguruan tinggi tidak lagi mengikuti seleksi. "Jika UN titik masuk perguruan tinggi, tapi saat ini masih dilakukan seleksi (masuk perguruan tinggi)," katanya.

Ita mengatakan, guru adalah aset di bidang pendidikan, oleh karena itu seharusnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan berbagai upaya dan pelatihan guna meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. "Guru tulang punggung pendidikan, intelektual mereka harus ditingkatkan, jangan sampai mereka jadi katak dalam tempurung," kata dia.

Sebelumnya dalam melakukan pengawasan Ujian Nasional pihak Kemdikbud melibatkan pihak perguruan tinggi guna mengawasi dan mengkoordinir soal serta panitia pelaksana UN.

Sebagai info bahwa keterlibatan dosen perguruan tinggi dalam UN 2013 lebih banyak dibandingkan dengan ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Perguruan Tinggi Negeri adalah penyelenggara UN disamping Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam rangka membantu tugas Menteri dan bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kepolisian Republik Indonesia, dan lainnya.

Bahkan Pengawas satuan pendidikan yang berasal dari perguruan tinggi juga berkewajiban mengumpulkan amplop LJUN yang telah dilem oleh pengawas ruang UN. Selain itu Pengawas satuan pendidikan dari perguruan tinggi mengirimkan amplop LJUN ke perguruan tinggi negeri untuk dilakukan pemindaian.


Sumber: Dari berbagai sumber yang kredibel

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Kompetensi Guru Harus Ditingkatkan”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates