Sponsored Links

Monday, April 22, 2013

Guru Slamet Minta Presiden untuk Batalkan Proyek Kurikulum 2013

Guru Slamet, diantar Koalisi Tolak Kurikulum 2013 yang terdiri dari berbagai organisasi guru, orangtua murid, dan lainnya, menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membatalkan Kurikulum 2013 yang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Slamet Marwanto adalah perwakilan dari Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ), mengayuh sepeda ontelnya melintasi depan Stasiun Gambir dan finis di depan Istana Negara. Surat untuk Presiden diberikan melalui bagian tata usaha Istana Kepresidenan.

Guru Slamet dengan bersepeda ontel dari depan Balaikota Pemprov DKI Jakarta menuju Istana Negara untuk menyerahkan surat tersebut. Slamet dan Koalisi juga ikut menyerahkan 1800 petisi berisi alasan dan dukungan dari semua elemen yang menolak Kurikulum 2013.

"Surat dan petisi yang dibawa Pak Slamet dan teman-teman dari Koalisi Tolak Kurikulum 2013 dipastikan sudah diterima pihak Istana Negara. Tadi yang menerima Pak Adi, bagian surat menyurat," ujar anggota Koalisi dari ICW Siti Juliantari Rachman saat dihubungi Tribun, Jumat (12/4/2013).

Menurut Siti, aksi ini merupakan simbol penolakan terhadap kurikulum 2013 dengan tidak dilibatkannya guru dalam proses penyusunannya. Padahal, peran guru penting sebagai ujung tombak pendidikan karena paling mengetahui bagaimana keadaan pendidikan di kelas-kelas.

"Makanya melalui surat ini, Kami meminta Presiden SBY agar membatalkan kurikulum 2013. Sebab, kurikulum 2013 tidak memiliki urgensi dan tujuan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," tukas Siti.

Tujuan baik perubahan kurikulum bisa dicapai bila perubahannya direncanakan matang, dengan melibatkan pemangku kebijakan utama dalam pendidikan terutama guru, dan membuka diri dengan menerima masukan masyarakat, bukan dibuat dengan pendekatan kekuasaan.

Koalisi Tolak Kurikulum terdiri dari berbagai organisasi guru, orangtua murid, Sekolah Tanpa Batas, Koalisi Pendidikan, Indonesia Corruption Watch (ICW), dan praktisi pendidikan. Aksi ini merupakan simbol penolakan terhadap Kurikulum 2013 dan karena tidak dilibatkannya guru dalam proses penyusunan kurikulum tersebut.

Sumber: Tribun

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Guru Slamet Minta Presiden untuk Batalkan Proyek Kurikulum 2013”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates