Sponsored Links

Sunday, April 21, 2013

Guru Belum Bersertifikat Akan Diuji

Sejumlah guru yang belum mengikuti sertifikasi dijadwalkan mengikuti uji kompetensi pada pertengahan Mei nanti. Uji kompetensi ini untuk memetakan kompetensi guru, seperti yang dilakukan kepada guru bersertifikat di tahun lalu.

"Uji kompetensi untuk tahun ini diikuti guru-guru yang belum ikut sertifikasi guru. Para guru yang ikut, yang namanya masuk dalam database kami yang didaftarkan dinas pendidikan daerahnya," kata Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Menurut Unifah, hingga Senin sore 15 April tercatat ada 623.489.000 guru TK-SMA/SMK yang ikut pendaftaran uji kompetensi. Pendaftaran tersebut akan ditutup Selasa ini oleh dinas pendidikan daerah.

Uji kompetensi guru yang tahun lalu sudah dilakukan untuk guru bersertifikat, ujar Unifah, bukan untuk menentukan kelulusan guru agar bisa ikut sertifikasi. Kemendikbud memang pernah menggelar uji kompetensi awal (UKA) untuk calon guru yang masuk dalam kuota sertifikasi tahun lalu.

Penyelenggaraan uji kompetensi guru ini untuk pemetaan kompetensi guru-guru. Adapun untuk bisa ikut sertifikasi, kami mengacu pada aturan yang ada, yakni melihat usia dan golongan masa kerja, kata Unifah yang juga pengajar di Universitas Negeri Jakarta.

Selain itu, untuk sertifikasi tahun 2013, yang juga diprioritaskan ialah para guru yang gagal di UKA 2012, tetapi sudah mengikuti pelatihan, serta guru yang tidak lulus dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2011.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sahiri Hermawan mengatakan, uji kompetensi guru untuk pemetaan memang dibutuhkan untuk mendukung kebijakan pembinaan guru secara tepat.

"Kami menagih janji pemerintah untuk membina guru secara berkelanjutan dengan memakai hasil pemetaan uji kompetensi. Seharusnya sudah dimulai tahun ini. Tetapi pemerintah justru menjadikannya pelatihan guru untuk melaksanakan Kurikulum 2013. Hal ini tetap tidak memperbaiki kondisi guru yang memang dari hasil uji kompetensinya masih memprihatinkan," kata Sahiri.


Sumber: Kompas

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Guru Belum Bersertifikat Akan Diuji”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates