Sponsored Links

Thursday, March 21, 2013

Indonesia Butuh 113 Juta Guru Untuk Jadi Educated State

Menurut Menteri Pendidikan Muhammad Nuh bahwa Indonesia membutuhkan 113 juta pendidik. Hal ini dilihat berdasarkan kebutuhan dan jumlah pelajar di Indonesia, keberadaan tenaga pendidik (guru) masih minim dan tidak imbang. Saat ini Indonesia membutuhkan banyak pendidik untuk mewujudkan cita-cita sebagai negara terdidik.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh pada rapat koordinasi Master Plan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I), Rabu (20/3) di Lampung.



Muhammad Nuh mengatakan, pembangunan Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan peningkatan kapasitas perguruan tinggi swasta di pulau Sumatra menjadi hal yang penting, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih baik, terrutama bidang peningkatan pendidikan, ujarnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan menjadi tulang punggung kemajuan Pulau Sumatra dan Indonesia, karena akan mendidik 80 ribu mahasiswa teknik yang berkualitas.

Menurutnya, hasil dari Human Development Indek (HDI) menunjukkan, provinsi-provinsi di Pulau Sumatera masuk di atas rata-rata nasional yang menunjukkan HDI cukup baik. "Artinya Lampung masuk dalam kategori baik," ujarnya.

Dia mengungkapkan, program wajib belajar sangat berpengaruh terhadap pendapatan per kapita rakyat. Dan jika dihitung secara keseluruhan, untuk HDI pendidikan terhadap kesehatan, kesejahteraan, dan pendapatan per kapita menunjukkan angka yang sangat baik, sebesar 0,99%. "Artinya, fokus utama pembangunan fisik sekolah dan peningkatan mutu pendidikan menjadi suatu keharusan," tandasnya.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Akhmaloka mengatakan, keberadaan Institut Tekhnologi Sumatra (ITERA) memang atas restu ITB (Institut Teknologi Bandung,red.).

Sebagai info bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur Se Wilayah Sumatra dan Rakor Master Plan Percepatan Pembangunan Peluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dihadiri tiga menteri. Menteri-menteri yang dimaksudkan antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pendidikan Kebudayaan Nasional Muhammad Nuh, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan Wamen PU Hermanto Dardak dan Wamen ESDM Susilo Siswo Utomo. Hatta Rajasa akan memberi arahan pelaksanaan proyek MP3EI koridor Sumatra berlangsung di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (20/3/2013).


Diolah dari berbagai sumber


Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Indonesia Butuh 113 Juta Guru Untuk Jadi Educated State”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates