Sponsored Links

Thursday, January 31, 2013

Pentingnya POS UN 2013 Bagi Guru

Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya POS Ujian Nasional 2013 telah disosialisasikan oleh Pemerintah yang membidangi pendidikan yakni Kemdikbud yang didampingi oleh BSNP sebagai lembaga independen. Materi pelengkap Kisi-kisi UN 2013 ini begitu penting artinya bagi kita sebagai guru / pendidik. Karena selain Bapak/Ibu akan terlibat secara langsung/tidak langsung dalam proses pembelajaran jelang UN 2013 juga mungkin saja Bapak/Ibu akan bertugas sebagai pengawas ujian nasional di satuan pendidikan dimana anda bertugas.

Terlebih lagi bagi Bapak/Ibu yang sudah lulus uji kompetensi, tentunya hal ini merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan dedikasi yang lebih berarti bagi dunia kependidikan di Tanah Air.

Terus apa arti pentingnya POS Ujian Nasional 2013 bagi guru? Kami dapat menggarisbawahi beberapa urgensi POS UN 2013 bagi guru, diantaranya :

  1. Bagi guru yang bertugas mengajar mapel yang di ujian nasional-kan, pemahaman terhadap jumlah soal dan tingkat kesulitannya akan memberikan arahan bagaimana memberikan dan melatih peserta didiknya agar dapat menjawab soal-soal sekualitas ujian nasional.
  2. Bagi guru yang bertugas sebagai panitia penyelenggara UN tentunya berbagai kriteria penyelenggaraan yang terdapat dalam materi POS UN dapat dijadikan acuan standar. Seperti, bagaimana menentukan ruangan yang tepat dan memenuhi kriteria untuk dapat dijadikan ruang ujian, dan lain-lain
  3. Bagi guru yang akan bertugas sebagai pengawas ruangan, tentunya Tata Tertib Pengawas Ruang UN harus difahami dengan baik dan benar agar proses pengawasan menjadi efisien dan efektif.

Nah, berikut ini kami haturkan file POS Ujian Nasional 2013, selanjutnya bisa anda download :

  1. POS UN SD/MI 2013, silakan download disini
  2. POS UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, UN Paket 2013, silakan download disini
  3. Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional 2013, bisa di download disini


Berikut ini kami samapaikan sebagian peraturan mengenai Tata Tertib Pengawas Ruang UN:

Tata Tertib Pengawas Ruang UN


Perguruan Tinggi menetapkan pengawas ruang di satuan pendidikan SMA, MA, dan SMK berdasarkan usulan dari Dinas Pendidikan dan Kankemenag kabupaten/kota sebagai penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota. Pengawas ruang untuk UN SMA/MA dan SMK dilakukan oleh guru SMA/MA dan SMK yang diatur secara silang. Untuk tingkat SD/MI, SDLB pengawas Ruang UN adalah guru yang memiliki sikap dan perilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan serta bukan guru kelas VI. Penempatan Pengawas Ruang UN dilakukan oleh Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota dengan prinsip sistem silang murni antarsekolah/madrasah dalam satu kecamatan.



Demikian Wacana Pentingnya POS UN 2013 Bagi Guru kami informasikan, semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!


Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Pentingnya POS UN 2013 Bagi Guru”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates