Sponsored Links

Sunday, October 28, 2012

Sistem UKG Tahap Kedua Lebih Baik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus membenahi sistem dan memperkuat data peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua. Dijadwalkan, UKG tahap kedua akan masih digelar sejak 2 Oktober 2012 s.d. 2 November 2012. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof. Syawal Gultom mengatakan, persiapan UKG tahap kedua telah memasuki tahap sinkronisasi data. Semua data yang masuk dicocokkan, dan dilimpahkan ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Setelah itu, semua data peserta di tiap-tiap tempat uji kompetensi (TUK) akan merujuk data peserta yang diperoleh dari LPMP tersebut.

Selain itu, jumlah TUK untuk UKG gelombang kedua juga akan ditambah. Dari gelombang sebelumnya yang menggunakan 2900 TUK, di gelombang kedua jumlahnya akan menembus angka tiga ribu TUK. Hal itu dilakukan untuk menampung semua peserta dengan tertib, tidak bertumpuk dan lebih efisien secara waktu. Untuk diketahui, pelaksanaan UKG di gelombang pertama pada Agustus lalu menuai banyak kritik. Pasalnya, terjadi kekacauan di sejumlah daerah saat hajat yang menguji kompetensi 1.020.000 ribu guru guru itu dilaksanakan. Khususnya di hari pertama dan kedua UKG. Pemicu utama kekacauan itu adalah basis data yang bobrok, dan koneksitas internet yang terganggu.

Sistem UKG Tahap Kedua diklaim lebih baik oleh Kemdikbud. Menurut hemat kami sistem yang dimaksudkan adalah dua sistem UKG yakni yakni paper-pencil-test dan sistem ujian online terus diperbaiki. Sistem paper-pencil-test / sistem manual dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Read More...

Hasil Sementara UKG Online Tahap II

Hasil sementara UKG Gelombang pertama sudah disampaikan. Gambaran kelulusan tersebut menempatkan Provinsi DI Yogyakarta sebagai ranking pertama nasional. Sedangkan untuk UKG Gelombang Kedua hasilnya masih belum dipublikasikan oleh Pemerintah. Sekitar bulan Agustus Kemdikbud mengeluarkan hasil sementara UKG 2012. Tercatat, nilai rata-rata sementara UKG hanya 44,55, dengan nilai tertinggi 91,12 dan nilai terendah adalah nol. Nilai rata-rata sementara itu diperoleh berdasarkan pengolahan 243.619 data peserta dari 373.415 guru yang telah selesai mengikuti UKG sampai dengan hari ketiga (1/8/2012). Nilai rata-rata ujian tertinggi diraih oleh para guru di Provinsi DI Yogyakarta, sementara nilai rata-rata terendah diperoleh Provinsi Maluku.

UKG diikuti lebih dari satu juta guru bersertifikat. Sengaja digelar untuk mendapatkan peta kompetensi dalam rangka melakukan pembinaan selanjutnya.

Untuk tahap kedua, rekapan sementara wilayah Provinsi Banten sangat memprihatinkan. Salah satu indikatornya yakni dari 30.800 guru yang mengikuti uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2012 ini, yang dinyatakan lulus hanya sebanyak 7 ribu orang. Itu berarti sekitar 75 persen guru tidak lulus UKG. Lebih memprihatinkan lagi, yang tidak lulus UKG tersebut juga termasuk sejumlah kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina menegaskan, hasil UKG di Banten tergolong cukup buruk karena guru yang lulus jumlahnya lebih sedikit ketimbang yang lulus. Apalagi, yang tidak lulus UKG bukan hanya guru biasa, tetapi juga ada sejumlah kepala sekokah.

Menurut Hudaya, penyebab utama banyaknya guru yang tidak lulus UKG karena tidak memiliki pengetahuan terhadap materi bahan ajar dan minimnya kemampuan pedagogik. Hudaya menyatakan, untuk meningkatkan kualitas guru, Dinas Pendidikan (Dindik) Banten berencana melakukan training of trainer (TOT) untuk para guru, terutama guru yang lulus UKG. Selanjutnya yang terbaik dari para guru akan dijadikan master of training (MOT). Setelah itu, di setiap kabupaten/kota akan dibangun pusat pengembangan budaya kerja guru yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas guru-guru pelajaran yang secara khusus dapat berkomunikasi tentang peningkatan kapasitas guru.

yang lainnya yaitu pelaksanaan UKG online tahap II di Kabupaten Banjarnegara dilaporkan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Setidaknya bagi 264 guru yang terpaksa harus mengikuti UKG online pada 2013 mendatang. Seperti dikatakan Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dindikpora Banjarengara Zaenati Sumarni, sebenarnya ada 903 guru bersertifikasi yang ikut dalam UKG tahap II yang berlangsung 2 sampai 4 Oktober lalu.

"Dari 264 guru tersebut, 60 diantaranya gagal login dan sisanya tidak hadir," ujarnya. Mereka yang tidak hadir dikarenakan sakit, memasuki masa pensiun dan sedang menunaikan ibadah haji. Ada juga yang sudah meninggal. Terkait kegagalan saat login, menurutnya karena kembali terjadi gangguan server dari pusat dan data yang masuk tidak sama seperti antara nomor peserta dan mata pelajaran yang diajarkan.

Sementara hasil UKG selanjutnya akan dianalisis menurut masing-masing mata pelajaran. Sehingga bisa diketahui sejauh mana peningkatan kualitas guru yang ada. Hal itu dilakukan agar masing-masing guru tahu dimana letak kekurangan dan kelebihannya. Sebab dengan melihat hasil UKG tentu mereka akan tahu sendiri sejauhmana kemampuannya selama ini. Karena materi UKG yang dikerjakan sesuai dengan kompetensi masing-masing guru.“ Apakah semakin baik atau malah menurun, semua bisa dilihat melalui hasil UKG, ini adalah bahan untuk pemetaan saja,” tambah Athit.

Diolah dari berbagai sumber

Read More...

Saturday, October 27, 2012

UKG Online Tahap II Berjalan Lancar

Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) online tahap kedua yang dimulai, Selasa (2/10/12), di sejumlah daerah relatif lancar. Hal ini karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah pelaksanaan UKG online berdasarkan kesiapan daerah dan tempat uji kompetensi (TUK). Sebagai contoh pelaksanaan UKG Online Jakarta Selatan. Hingga hari kedua, penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua di Jakarta Selatan berjalan tanpa kendala. Sebanyak 40 guru mendapat kesempatan untuk menjalankan ujian pada hari kedua pelaksanaan UKG. Panitia Lokal UKG online di salah satu tempat uji kompetensi (TUK) di SMP Negeri 19, Dadi Ardiansyah, mengatakan bahwa pelaksanaan UKG gelombang kedua sejak hari pertama lalu tidak ada masalah. Dia berharap hingga hari terakhir, UKG online di kawasan Jakarta Selatan, terutama di sekolahnya, tetap berjalan lancar.

Bahkan menurut Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo, berdasarkan pantauan pihaknya bahwa pelaksanaan UKG online hari pertama lancar. Ia berkunjung di beberapa tempat di Jawa Tengah yang pada UKG tahap pertama bermasalah, sekarang bisa lancar. Ia mengapresiasi pelaksanaan UKG gelombang kedua yang lebih baik.

Sesuai data Kemendikbud, pada Selasa ini ada 98 kabupaten/kota di 15 provinsi yang menggelar UKG online. Pelaksanaan UKG online kali ini dilaksanakan secara fleksibel selama kurun waktu 2 Oktober - 2 November 2012.

Menurut Sulistiyo, hasil uji kompetensi guru ini mesti ditindaklanjuti dengan pembinaan guru dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) secara berkesinambungan. Diklat online, perlu dikaji betul keefektifannya. Sebab, banyak guru yang sebenarnya menjalani pendidikan jarak jauh lewat modul maupun online di perguruan tinggi, tetapi peningkatan yang diharapkan belum nampak. Karena itu, desain diklat guru mesti yang teapt dengan kondisi dan kebutuhan guru yang ada," kata Sulistiyo.

Sumber : Kompas

Read More...

Kontribusi UKG terhadap Perombakan Kurikulum

Berbagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negeri ini ditempuh oleh Pemerintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan pihaknya terus melakukan berbagai usaha. Disamping perombakan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014, Kemendikbud akan terus memperjuangkan penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG). Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan, perombakan kurikulum yang tengah dimatangkan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung kualitas guru yang mumpuni. Untuk itu, UKG dilakukan sebelum kurikulum baru selesai dibahas. Menurutnya, sebagus apapun kurikulum, kalau guru tidak disiapkan, tidak akan bisa berjalan dengan baik. Makanya bersamaan dengan ini kita siapkan guru dengan melaksanakan UKG.

Ia menjelaskan bahwa selain untuk memetakan kemampuan dan kualitas guru, UKG bermanfaat juga untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran sekaligus pengajarannya. Dengan begitu, guru dapat mengukur kemampuannya dalam mengajar dan penguasaan materi.

Sebagai info, bahwa salah satu materi yang diujikan dalam UKG adalah kompetensi profesional yang menguji guru dari aspek-aspek penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Diolah dari berbagai sumber

Read More...

Menyimak Soal-soal UKG Online

Berdasarkan data yang dihimpun dari hasil laporan dan pengaduan dari pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua, menunjukkan bahwa para peserta UKG masih menemukan soal-soal ujian yang dinilai tidak layak dan sembarangan dibuat. Masalah soal-soal yang dinilai tidak valid dan tidak reliabel seperti yang pernah terjadi di tahap pertama berulang di gelombang kedua. Menurut Sekjen FSGI Retno Listyarti masih dijumpai adanya soal yang salah ketik, kaidah penulisan soal yang tidak benar, tidak adanya jawaban, bahkan ada pilihan jawaban tetapi soalnya tidak ada. Kemudian paling banyak ada soal yang merujuk ke gambar atau tabel, namun keduanya tidak muncul, sehingga peserta kebingungan menjawab, ini tidak dapat dibiarkan.

Retno melanjutkan, masih ada 13 kecacatan soal dalam laporan yang rencananya akan disampaikan langsung ke pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dimintai pertanggungjawabannya. Berdasarkan laporan tersebut, FSGI menuntut Kemendikbud agar mau mengakui berbagai kelemahan UKG Kedua secara terbuka dan mengevaluasinya. FSGI juga menilai, secara substansi pilihan ganda dalam soal tidak dapat dijadikan alat ukur yang tepat untuk menakar kualitas guru, apalagi soal yang disajikan terkesan asal-asalan.

"Biar tidak saling tuding, kami juga menantang Mendikbud untuk membahas soal-soal gagal tersebut dimana soal itu tidak sesuai dengan kisi-kisi maupun kurikulum. Saya meminta soal jangan dimusnahkan dulu, untuk adanya pembahasan soal, jika perlu bertemu dengan para penulis soal tersebut," tuturnya.

"Kami juga memfoto soal meski hanya beberapa soal sebagai contoh bahwa laporan kesalahan soal UKG itu benar salah," tambahnya.

Sumber : Kompas

Read More...

Friday, October 26, 2012

UKG Perlancar Proses Pemetaan Guru

Pihak Panpel UKG Tahap II yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP&MP), Syawal Gultom, mengatakan bahwa UKG tetap akan dilanjutkan. Menurut pendapatnya, pemetaan guru menjadi kebutuhan pendidikan nasional saat ini. Permasalahan dalam pelaksanaan memang ada. Pihaknya mengatakan bahwa mereka bekerja siang malam untuk mempersiapkan program pemetaan guru ini. Dengan UKG pemetaan akan berlangsung lebih cepat / efisien sedangkan dengan pola yang lama, sekitar tahun 2072 baru selesai pemetaannya.

Beliau juga mengatakan penyelenggaraan ujian kompetensi secara online ini baru pertama kali dilakukan dan merupakan langkah yang besar. Menurut Syawal pula, guru seharusnya juga mampu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang ada saat ini. Salah satu pengaruhnya yang besar diantaranya banyak guru yang ingin belajar lagi. Itu adalah kabar baik.

Tak hanya itu, menurutnya, pelaksanaan UKG juga berdampak baik terhadap anggaran yang ada. Jika pemetaan guru dan pelatihan selalu dengan diklat, saat ini dapat dilakukan secara online dan langsung dari masing-masing Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk di daerah masing-masing. Oleh karena itu, tegasnya, tak ada alasan untuk tidak melanjutkan UKG. Dari segi finance pun lebih hemat. Biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan diklat bisa sampai Rp 2.500.000 per guru. Ini hanya cukup sekitar Rp 200.000 per guru.

Mari kita dukung UKG dengan sebaik-baiknya. Karena, pelaksanaan UKG memiliki dasar hukum yang cukup kuat disamping itu lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan upaya pemetaan yang lainnya, semoga!

Diolah dari berbagai sumber

Read More...

Wednesday, October 17, 2012

POS Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013

Penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2013 harus dilakukan secara transparan dan berkeadilan sesuai urutan prioritas. Untuk itu BPSDMPK-PMP Kemdikbud telah mengembangkan AP2SG secara online dan terintegrasi dengan database NUPTK. Aplikasi tersebut telah difasilitasi dengan informasi persyaratan peserta dan prioritas perangkingan. Aplikasi bekerja secara otomatis menampilkan guru-guru yang memenuhi syarat. AP2SG menampilkan SELURUH daftar bakal calon sertifikasi guru tahun 2013-2015 berdasarkan hasil perbaikan data NUPTK yang dikirim oleh operator dinas pendidikan kabupaten/kota. Penetapan peserta sertifikasi guru dalam jabatan melibatkan beberapa instansi terkait yaitu:



1) Badan PSDMK-PMP,

2) LPMP,

3) Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, dan

4) Guru.

Kegiatan penetapan peserta sertifikasi guru akan terlaksana dengan lancar apabila komponen di bawah ini berlangsung dengan baik, yaitu:



1. informasi mengenai persyaratan calon peserta sertifikasi guru diberikan kepada semua guru sesuai dengan ketentuan;

2. kebenaran data peserta dalam Format A1; dan

3. ketepatan jadwal setiap tahap pelaksanaan sertifikasi guru.

Proses penetapan peserta sertifikasi guru melalui beberapa tahapan :

A. Tahap Persiapan dan Verifikasi Data Calon Peserta

1. Pembentukan Panitia Sertifikasi Guru

Sebelum semua aktifitas kegiatan terkait penetapan peserta sertifikasi guru dilakukan, yang pertama harus dilakukan adalah pembentukan Panitia Sertitikasi Guru (PSG) di tingkat LPMP, dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidikan kabupaten/kota. PSG bertanggungjawab terhadap suksesnya penyelenggaraan penetapan peserta sertifikasi guru di tingkat LPMP, provinsi, dan kabupaten/kota. PSG ditetapkan setiap tahun dan harus melibatkan operator NUPTK sebagai salah satu anggota PSG. PSG di tingkat LPMP, provinsi, dan kabupaten/kota juga menjalankan peran lain selain proses penetapan peserta guna membantu pelaksanaan sertifikasi guru secara keseluruhan. Tugas dan tanggungjawab PSG masing-masing unit terkait sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

a. PSG di Tingkat LPMP



1) Melakukan sosialisasi pelaksanaan sertifikasi guru kepadadinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan pihak terkait lainnya.

2) Melakukan approval terhadap penghapusan calon peserta pada AP2SG yang dilakukan PSG dinas kabupaten/kota setelah menerima format penghapusan calon peserta.

3) Menetapkan peserta uji kompetensi, lokasi tempat uji kompetensi (TUK), dan distribusi peserta ke TUK.

4) Melaksanakan dan memantau uji kompetensi.

5) Melakukan verifikasi berkas pendukung sebagai dasar persetujuan (approval) Format A1 untuk ditetapkan sebagai peserta final.

6) Mencetak Format A1 sebanyak 2 (dua) rangkap dan memberikan pengesahan pada Format A1 dengan menandatangani dan membubuhi stempel.

7) Mengirim berkas peserta (lengkap dengan format A1) ke LPTK.

8) Mengirim Format A1 ke dinas pendidikan kabupaten/kota untuk didistribusikan kepada peserta sertifikasi guru.

b. PSG di Tingkat Dinas Pendidikan Provinsi



1) Melakukan sosialisasi sertifikasi guru kepada guru sesuai dengan kewenangannya.

2) Memfasilitasi guru dalam mencari informasi tentang sertifikasi guru.

c. PSG di Tingkat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

  1. Melakukan sosialisasi pelaksanaan sertifikasi guru kepada guru dan masyarakat.
  2. Mencetak Format Verifikasi dari aplikasi update data dari Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) dan memberikannya kepada calon peserta.
  3. Mengumpulkan berkas verifikasi dan validasi data calon peserta sertifikasi guru.
  4. Melakukan perbaikan data guru pada AP2SG yang akan digunakan sebagai dasar penetapan peserta.
  5. Melakukan penghapusan calon peserta yang ada pada AP2SG dengan mencetak Format Penghapusan Calon Peserta.
  6. Mengumpulkan Format Penghapusan Calon Peserta yang sudah ditandatangani berikut data pendukungnya.
  7. Mengumpulkan semua berkas peserta sertifikasi guru 2013 dan mengirimkan ke LPMP.
  8. Melaksanakan dan memantau uji kompetensi.
  9. Melakukan verifikasi kelengkapan berkas PSPL, portofolio, dan PLPG peserta sertifikasi guru kemudian mengirimkan ke LPMP.
  10. Mendistribusikan Format A1 yang sudah disahkan LPMP kepada peserta sertifikasi guru.
  11. Mengikuti perkembangan pelaksanaan sertifikasi guru.

2. Publikasi data guru yang belum bersertifikat pendidik

Data guru yang belum bersertifikat pendidik dipublikasikan melalui website www.sergur.kemdiknas.go.id oleh Badan PSDMPK-PMP. Data guru yang dipublikasi tersebut berdasarkan pemutahiran data guru yang dikumpulkan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota per tanggal 30 Agustus 2012.

3. Sosialisasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru

Sosialisasi penetapan peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013 dilaksanakan dengan melibatkan peserta dari LPMP, dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan guru calon peserta sertifikasi. Materi sosialisasi antara lain alur pelaksanaan sertifikasi guru, persyaratan peserta sertifikasi guru, mekanisme penetapan peserta melalui AP2SG, dan jadwal pelaksanaan sertifikasi guru.

a. Sosialisasi oleh BADAN PSDMPK-PMP

Badan PSDMPK-PMP melakukan sosialisasi kepada ketua PSG dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, LPMP, dan LPTK. Materi sosialisasi antara lain: mekanisme dan pola sertifikasi, persyaratan peserta sertifikasi guru, perbaikan data guru, mekanisme penetapan peserta melalui AP2SG, dan jadwal pelaksanaan sertifikasi guru.

b. Sosialisasi oleh dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota

Dinas pendidikan melakukan sosialisasi kepada calon peserta sertifikasi guru. Materi sosialisasi antara lain: mekanisme dan pola sertifikasi, persyaratan peserta, perbaikan data guru, mekanisme penetapan peserta melalui AP2SG, dan jadwal pelaksanaan sertifikasi guru.

4. Pencetakan Format Verifikasi Data

Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mencetak format verifikasi data dari AP2SG. Dalam format ini sudah berisi data guru yang diperlukan untuk proses sertifikasi guru berdasarkan hasil pemutahiran data guru yang telah dilaksanakan oleh operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Format tersebut diberikan kepada peserta untuk diverifikasi dan dikoreksi kebenaran datanya.

5. Verifikasi Data Guru

Data guru yang akan mengikuti sertifikasi guru harus benar dan valid karena data tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk menetapkan soal uji kompetensi, bidang studi sertifikasi, dan data yang akan dicantumkan dalam sertifikat pendidik. Oleh karena itu, guru harus melakukan verifikasi dan koreksi data yang tercantum pada format verifikasi data. Semua koreksi data didasarkan atas dokumen pendukung, misalnya ijasah S-1 atau D-IV, serta ijazah S-2 dan atau S-3; SK PNS; dan SK tugas mengajar sejak diangkat sampai sekarang. Format verifikasi ditandatangani oleh guru dan kepala sekolah, kemudian diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan melampirkan dokumen pendukung perbaikan data. Untuk data POS Sertifikasi Guru Tahun 2013 selengkapnya bisa anda download disini:, Terima kasih!

Read More...

Saturday, October 13, 2012

Kisi-kisi UKG Tahap 2

Untuk kepentingan para guru peserta UKG Gelombang kedua kami sampaikan Kisi-kisi UKG Tahap 2. Kisi-kisi UKG Tahap 2 ini terdiri dari Mapel Umum (non kejuruan) yakni dari Mata pelajaran UKG bagi guru SMA, SMK (Pelajaram Umum), SD, SDLB, TK, dan SMP. Disam[ing itu kami sampaikan kisi-kisi UKG bagi Pengawas dan Kepala Sekolah yang baru memulai UKG-nya pada bulan oktober mendatang. Semoga saja file-file yang kami sampaikan ini dapat membantu kesuksesan Bapak/Ibu Guru juga Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah di manapun belia berada. Itu adalah harapan kami, kami berkomitmen memberikan yang terbaik yang bisa kami berikan kepada para guru, kepada mereka pejuang pendidikan!

Download Kisi-kisi UKG Tahap 2

  1. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMA-SMK-SMP-SD-TK Tahap 2 Bagian 1
  2. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMA-SMK-SMP-SD-TK Tahap 2 Bagian 2
  3. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMK Mapel Kejuruan Bagian 1
  4. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMK Mapel Kejuruan Bagian 2
  5. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMK Mapel Kejuruan Bagian 3
  6. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG SMK Mapel Kejuruan Bagian 4
  7. Silakan masuk disini untuk mendownload Kisi-kisi UKG Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah
Demikian Kisi-kisi UKG Tahap 2 untuk guru SMA, SMK (Pelajaram Umum dan Kompetensi Keahlian), SD, SDLB, TK, dan SMP kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!
Read More...

Cara Menjawab Soal UKG

Pagelaran UKG bertujuan untuk memetakan penguasaan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik ataupun profesional. Hal ini merupakan dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi memang diperlukan suatu pemetaan kompetensi yang secara detail bisa mendeskripsikan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru.

Uji kompetensi guru (UKG) tahun 2012 dilaksanakan dengan menggunakan dua sistem yakni paper-pencil-test dan sistem ujian online. Sistem paper-pencil-test merupakan sistem manual yang dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Pengembangan instrumen uji kompetensi guru terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit. Berikut akan kami sampaikan Cara Menjawab Soal UKG sebagai suatu tips yang bisa memaksimalkan perolehan skor ujian bagi para peserta UKG Tahap II yang digelar Pemerintah dari tanggal 2 Oktober s.d. 2 November 2012.

Sebagai salah satu jenis ujian, Uji kompetensi guru (UKG) dalam pelbagai bentuknya mempengaruhi hampir semua pesertanya. Bagi mereka yang mendapatkan skor optimal tentunya disamping merasa bangga/puas juga bisa mendapatkan status lulus dari ujian. Sedangkan bagi mereka yang tidak mendapatkan skor minimal untuk lulus, mereka belum menuntaskan UKG-nya karena mereka akan diberikan pembinaan semacam diklat online yang bakal digelar Pemerintah pada tahun 2013.

Persiapan ujian UKG harus dipersiapkan sedini mungkin agar hasilnya optimal. Sistem Cramming atau sistem belajar kebut semalam tidak kami sarankan. Sistem tersebut merupakan praktek tradisional yang harus dipandang sebagai upaya terakhir dan tentunya bukan sebagai tahap yang direncanakan dalam persiapan ujian. Salah satu kelemahan sistem belajar ini adalah menghalangi belajar yang tuntas dan bisa menyebabkan kebingungan selama ujian.

Baiklah kami akan sampaikan bagaimana Cara Menjawab Soal UKG. Sebagaimana sudah kami sampaikan bahwa soal UKG didesain sedemikian rupa dengan berbasis kisi-kisi dan diberikan dalam bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Salah satu tipsnya agar Bapak/Ibu guru/kepala sekolah/pengawas sekolah dapat menjawab benar soal jenis ini adalah harus memahami bahan belajar anda secara tuntas sesuai dengan mata pelajaran yang diampu atau sesuai dengan tugas kepemimpinan yang diberikan (kepala sekolah/pengawas sekolah).

Selain menguasai bahan ujian, anda juga harus menguasai sebanyak mungkin mengenai UKG-nya sendiri : jumlah soal, beban diferensial dari bagian-bagian ujian, kondisi khusus, dan sebagainya. Solusi masalah ini adalah : tanyakan kepada atasan anda atau tanyakan kepada peserta sebelumnya yang mengikuti UKG mengenai pengalaman mereka. Langkah penting yang harus anda lakukan dalam ujian UKG adalah membaca petunjuk dengan cermat.

Cara Menjawab Soal UKG

  1. Pastikan untuk mengisi jawaban secara lengkap
  2. Pastikan juga bahwa anda memilih jawaban anda pada option yang benar
  3. Bekerja cepat namun harus cermat dalam ujian serta kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
  4. Temukan kata-kata kunci dalam setiap soal yang bisa menuntun anda menjawab benar
  5. Menerka jawaban hanya dibolehkan jika tidak ada sanksi pengurangan nilai jika salah
  6. Tidak menyontek dalam ujian

Contoh Soal

Berikut kami berikan contoh soal UKG Kemdikbud:

Mapel Sosiologi (SMA)

Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...

a. Konsiliasi

b. Mediasi

c. Arbitrasi

d. Komunikasi

Bahasa Indonesia (SMP)

Budi, Reni, dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai di rumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak Ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar. Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

a.kami ; dia ;beliau ; biliau

b.kami : beliau ; beliau ; dia

c.mereka ; beliau ; dia ; beliau

d.mereka ; dia ; belau ; saya

Silakan coba jawab peroalan-persoalan tersebut dengan menggunakan cara tersebut, selamat berlatih! Demikian tips Cara Menjawab Soal UKG online dan manual, diharapkan bisa membantu para peserta UKG, Terima kasih!

Para Penulis :

Drs. Asep R, S.H.

Dra. Enafa, S.E.

Read More...

Latihan Soal UKG Tahap 2

Dari data pengumuman kelulusan Uji Kompetensi Guru Bersertifikasi (UKG) memang baru akan disampaikan pada Oktober, banyak guru peserta UKG dinyatakan tidak lulus. Nilai ujian mereka tak memenuhi standar kelulusan yang sudah ditetapkan yakni minimal 70. Oleh karena itu untuk kepentingan para guru peserta UKG tahap kedua kami sampaikan Latihan Soal UKG Tahap 2. Latihan Soal UKG Tahap 2 ini terdiri dari Mapel Umum (non kejuruan) yakni dari Mata pelajaran UKG bagi guru SMA, SMK (Pelajaram Umum), SD, SDLB, TK, dan SMP. Disamping itu kami latihan soal UKG bagi Pengawas dan Kepala Sekolah yang baru memulai UKG-nya pada bulan oktober mendatang. Semoga saja file-file yang kami sampaikan ini dapat membantu kesuksesan Bapak/Ibu Guru juga Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah di manapun anda berada. Itu adalah harapan kami, kami berkomitmen memberikan yang terbaik yang bisa kami berikan kepada para guru, kepada mereka pejuang pendidikan!

Latihan Soal UKG 2012 Tahap 2

  1. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG TK Tahap 2
  2. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG SD/SDLB Tahap 2
  3. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG SMP Tahap 2
  4. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG SMA Tahap 2
  5. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG SMK Tahap 2
  6. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG Pedagodik
  7. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG Kepala Sekolah
  8. Silakan masuk disini untuk berlatih soal-soal UKG Pengawas sekolah

Demikian Latihan Soal UKG Tahap 2 untuk guru SMA, SMK (Pelajaram Umum dan Kompetensi Keahlian), SD, SDLB, TK, dan SMP kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!

Read More...

Tips Lulus UKG Online Tahap 2

Lulus UKG (Ujian Kompetensi Guru) baik online atau offline, penting artinya bagi seorang guru. Kesuksesan UKG bukan hanya membuat guru merasa puas dan bangga dengan profesinya namun juga bisa menentukan karier jabatan dalam lingkungannya. Tentunya untuk bisa meraih kelulusan UKG apalagi dengan nilai yang membanggakan, seorang guru peserta UKG harus melakukan persiapan-persiapan. Berikut tim ujikompetensiguru.com memberikan beberapa tips atau cara lulus UKG Online yang diharapkan mampu membantu para guru di Indonesia.

Tips Akademis

Dalam rangka kesuksesan UKG baik online atau offline, seorang guru harus memahami kisi-kisi UKG 2012. Disamping itu harus mencoba untuk berlatih soal-soal berdasarkan kisi-kisi resmi UKG yang diberikan oleh Pemerintah (Kemdikbud). Begitu pula untuk calon peserta UKG Tahap II, mereka juga harus memahami kisi-kisi resmi UKG gelombang 2 yang dibuat oleh panitia.

Untuk berlatih soal, para guru di Indonesia bisa memanfaatkan latihan yang diberikan di situs ini. Dengan persiapan materi yang baik maka guru peserta UKG hampir dipastikan bisa menjawab soal-soal sesuai profesinya, baik soal pedagodik atau pun profesional.

Tips Teknis

Secara teknis, banyak guru diberitakan gagal UKG karena kendala ini. Kendala yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari kemampuan peserta namun juga karena persiapan panitia atau masalah teknis lainnya. Untuk masalah teknis penggunaan / pengoperasian komputer seorang guru harus rajin belajar bagaimana menggunakan komputer untuk ujian online. Rendahnya kemampuan mengoperasionalkan komputer menjadi faktor utama gagalnya mayoritas guru dalam uji kompentensi pertama.

Disamping kemampuan komputer juga, dalam pelaksanaan ujian seorang peserta harus berhati dalam mengentrikan data agar tak terjadi kegagalan teknis. Penting juga diperhatikan bahwa banyak peserta yang gagal karena faktor ijazah yang dimiliki dengan bidang studi yang telah tersertifikasi tak linier dengan jurusannya sehingga kode soal maupun kode identitas guru berbeda. Contohnya, guru berijazah geografi mengajar mata pelajaran (mapel) PPKn atau guru berijazah akuntansi mengajar mapel sejarah tidak masuk data. Meski kedua mata pelajaran tersebut masuk kategori IPS.

Semoga bermanfaat!

Read More...

Materi Ujian UKG Online dan Manual

Pengembangan instrumen uji kompetensi awal terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Aspek kompetensi yang diujikan

1. Kompetensi Pedagogik Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan Permendiknas sebagai berikut:



a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik

b. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif

c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum

d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif

e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Kompetensi Profesional



a. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

c. Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:

- teks, konteks, & realitas

- fakta, prinsip, konsep dan prosedur

- ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu

Kisi-kisi dan soal UKG dijabarkan berdasarkan:



a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus

e. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Read More...

Cara Lulus UKG Online

Bagaimana cara Lulus UKG (Ujian Kompetensi Guru) baik online atau offline? Kami yakin hal ini bukanlah masalah yang besar buat Bapak/Ibu peserta UKG. Betapa tidak, kami yakin anda semua sering bekerja keras mengajar dan membimbing murid di sekolah agar mereka bisa lulus baik dalam ujian sekolah / ulangan umum atau pun dalam ujian nasional. Jadi, untuk sekedar bisa lulus kami yakin anda sudah tahu caranya? Tips yang akan kami sampaikan berikut ini tentang Cara Lulus UKG Online diharapkan bisa membantu anda, minimal sebagai pembanding dari tips yang sudah Bapak/Ibu miliki.

Kesuksesan UKG bukan hanya membuat guru merasa sukses dan bangga dengan profesi yang disandangnya tapi juga bisa menentukan karier jabatan dalam lingkungannya. Tentunya untuk bisa meraih kelulusan UKG apalagi dengan nilai yang membanggakan, seorang guru peserta UKG harus melakukan persiapan bai akademis atau pun teknis.

Dimensi Akademis

Dalam rangka kesuksesan UKG baik online atau offline, seorang guru harus memahami bentuk dan jenis soal UKG 2012. Hal ini bisa dilakukan dengan cara, antara lain : Mengenal dan memahami Kisi-kisi UKG, untuk materi ini silakan anda bisa download disini. Kisi-kisi tersebut versi update, lebih lengkap karena disajikan untuk UKG Tahap II.

Berlatih soal-soal UKG penting artinya untuk mengasah pengetahuan kita. Contoh soal UKG yang kami kembangkan bisa anda pelajari disini.

Coba Bapak/Ibu pasang target perolehan skor. Nilai maksimal skor UKG adalah 100 dan nilai kelulusan adalah 70. Hanya dengan 70 Anda sudah bisa lulus. Target di sini akan menentukan pemetaan kekuatan Anda. Anda tidak harus memaksakan diri mencapai nilai sempurna. Anda cukup mengukur kemampuan maksimal Anda. Misalkan Anda guru geografi maka cari mata pelajaran yang Anda kuasai, misalnya demografi, SIG, atau Skala Peta. Dengan 3 sub materi ini Anda minimal harus mengantongi nilai sekitar 60. Di materi lainnya misalnya anda pasang target dapat 20. Dengan demikian Anda memiliki target maksimal 80, sehingga anda bisa lulus!

Dimensi Teknis

Secara teknis, banyak guru diberitakan gagal UKG karena kendala ini. Kendala yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari kemampuan peserta namun juga karena persiapan panitia atau masalah teknis lainnya. Untuk masalah teknis penggunaan / pengoperasian komputer seorang guru harus rajin belajar bagaimana menggunakan komputer untuk ujian online. Rendahnya kemampuan mengoperasionalkan komputer menjadi faktor utama gagalnya mayoritas guru dalam uji kompentensi pertama.

Salah satu contoh pengoperasian komputer adalah cara menggunakan mouse dan keyboard untuk mengentrikan data atau jawaban anda. Berlatihlah menggunakan kedua alat tadi di rumah atau di tempat kerja anda, sehingga anda terbiasa atau familiar dengannya. Dan tentu saja jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. yang menjadi sandaran vertikal / utama dalam keberhasilan Anda.

Demikian Cara Lulus UKG Online kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!

Read More...

Friday, October 12, 2012

Daerah di Maluku Utara yang belum terjadwal UKG Online II

Di wilayah Maluku Utara belum semua terjadwal/dijadwal UKG Online tahap II. Sebagai contoh untuk Kabupaten Pulau Morotai. Untuk UKG Tahap II di Kabupaten Pulau Morotai kemungkinan tetap dilaksanakan meskipun kami lihat jadwal UKG tahap II untuk Kabupaten Pulau Morotai berdasarkan data Panitia (Kemdikbud) belum/tidak ditampilkan. Tampaknya di daerah ini adanya keterbatasan perangkat jaringan internet sehingga bisa saja UKG tetap dijalankan namun dengan sistem offline alias manual. Memang dalam aturan UKG Kemdikbud, bahwa sistem manual atau sistem paper-pencil-test dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Sistem manual bisa dilaksanakan, tapi harus pada tempat yang memenuhi sejumlah persyaratan, diataranya bahwa tempat UKG dengan menggunakan sistem manual (paper-pencil-test) direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan disetujui oleh Badan PSDMPK-PMP.

Tatacara Pendaftaran tempat UKG :



1. LPMP mengkoordinasikan pendaftaran tempat UKG untuk masing-masing kabupaten/kota.

2. Dinas mengusulkan tempat UKG kepada LPMP sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

3. LPMP melakukan klarifikasi tempat UKG dengan tujuan memastikan semua persyaratan terpenuhi untuk kelancaran pelaksanaan UKG. Penempatan atau distribusi guru ke lokasi atau tempat UKG ditentukan berdasarkan domisili atau tempat tinggal guru yang bersangkutan. Distribusi guru tersebut dilakukan oleh LPMP bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap peserta UKG online hanya dapat mengikuti ujian pada tempat UKG yang telah ditentukan.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Provinsi ini akan berlangsung dengan lancar dibandingkan tahap I. Sebab, Mendikbud Muhammad Nuh menjamin bahwa pelaksanaan UKG II akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di wilayah ini berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info program UKG Tahap II di wilayah Prov. Maluku Utara (Malut), semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!. Terima kasih!

Read More...

Ujian Online UKG II Kota Tidore Kepulauan

Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan diikuti oleh guru-guru di kabupaten/kota yang ada di sana. Khusus untuk Kabupaten Pulau Morotai, jadwalnya belum/tidak ditampilkan di situs UKG Kemendikbud (ukg.kemdikbud.go.id). Kami menyarankan guru-guru peserta UKG yang ada di sana untuk berkonsultasi dengan dinas pendidikan / LPMP setempat. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Tidore Kepulauan adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMKN 1 TIKEP

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku utara berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Tidore Kepulauan yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Ujian Online UKG II Kota Ternate

Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan diikuti oleh guru-guru di kabupaten/kota yang ada di sana. Khusus untuk Kabupaten Pulau Morotai, jadwalnya belum/tidak ditampilkan di situs UKG Kemendikbud (ukg.kemdikbud.go.id). Kami menyarankan guru-guru peserta UKG yang ada di sana untuk berkonsultasi dengan dinas pendidikan / LPMP setempat. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Ternate adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 4 TERNATE
  2. SMKN 2 TERNATE

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku utara berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Ternate yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Ujian Online UKG II Kabupaten Kepulauan Sula

Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan diikuti oleh guru-guru di kabupaten/kota yang ada di sana. Khusus untuk Kabupaten Pulau Morotai, jadwalnya belum/tidak ditampilkan di situs UKG Kemendikbud (ukg.kemdikbud.go.id). Kami menyarankan guru-guru peserta UKG yang ada di sana untuk berkonsultasi dengan dinas pendidikan / LPMP setempat. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Kepulauan Sula adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMAN 1 SANANA

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku utara berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Kepulauan Sula yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Ujian Online UKG II Kabupaten Halmahera Timur

Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan diikuti oleh guru-guru di kabupaten/kota yang ada di sana. Khusus untuk Kabupaten Pulau Morotai, jadwalnya belum/tidak ditampilkan di situs UKG Kemendikbud (ukg.kemdikbud.go.id). Kami menyarankan guru-guru peserta UKG yang ada di sana untuk berkonsultasi dengan dinas pendidikan / LPMP setempat. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Halmahera Timur adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMKN 1 HALTIM

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku utara berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Halmahera Timur yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Ujian Online UKG II Kabupaten Halmahera Tengah

Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan diikuti oleh guru-guru di kabupaten/kota yang ada di sana. Khusus untuk Kabupaten Pulau Morotai, jadwalnya belum/tidak ditampilkan di situs UKG Kemendikbud (ukg.kemdikbud.go.id). Kami menyarankan guru-guru peserta UKG yang ada di sana untuk berkonsultasi dengan dinas pendidikan / LPMP setempat. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Halmahera Tengah adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SDN 1 WEDA

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku utara akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku utara berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Halmahera Tengah yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Daerah di Maluku yang belum terjadwal UKG Online II

Beberapa daerah di wilayah Prov. Maluku belum terjadwal UKG Online tahap II. Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di wilayah tersebut kemungkinan tetap dilaksanakan namun kami lihat jadwal UKG tahap II untuk beberapa daerah di wilayah provinsi ini berdasarkan data Panitia (Kemdikbud) belum/tidak ditampilkan. Tampaknya di daerah ini adanya keterbatasan perangkat jaringan internet sehingga bisa saja UKG tetap dijalankan namun dengan sistem offline alias manual. Beberapa daerah yang kami maksudkan diantaranya : Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kabupaten Buru Selatan. Memang dalam aturan UKG Kemdikbud, bahwa sistem manual atau sistem paper-pencil-test dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Sistem manual bisa dilaksanakan, tapi harus pada tempat yang memenuhi sejumlah persyaratan, diataranya bahwa tempat UKG dengan menggunakan sistem manual (paper-pencil-test) direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan disetujui oleh Badan PSDMPK-PMP.

Tatacara Pendaftaran tempat UKG :



1. LPMP mengkoordinasikan pendaftaran tempat UKG untuk masing-masing kabupaten/kota.

2. Dinas mengusulkan tempat UKG kepada LPMP sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

3. LPMP melakukan klarifikasi tempat UKG dengan tujuan memastikan semua persyaratan terpenuhi untuk kelancaran pelaksanaan UKG. Penempatan atau distribusi guru ke lokasi atau tempat UKG ditentukan berdasarkan domisili atau tempat tinggal guru yang bersangkutan. Distribusi guru tersebut dilakukan oleh LPMP bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap peserta UKG online hanya dapat mengikuti ujian pada tempat UKG yang telah ditentukan.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Provinsi ini akan berlangsung dengan lancar dibandingkan tahap I. Sebab, Mendikbud Muhammad Nuh menjamin bahwa pelaksanaan UKG II akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di wilayah ini berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info program UKG Tahap II di wilayah Prov. Maluku, semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kota Tual

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Tual adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMA N 1 TUAL
  2. SMP N 3 TUAL

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Tual yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kota Ambon

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Ambon adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 Ambon
  2. SMAN 1 Ambon B
  3. SMAN 2 Ambon
  4. SMKN 2 Ambon
  5. SMP N 2 AMBON
  6. SMPN 6 Ambon

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Ambon yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kabupaten Seram Bagian Barat

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Seram Bagian Barat adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 Kairatu
  2. SMAN 1 Seram Barat

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Seram Bagian Barat yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kabupaten Maluku Tenggara

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Maluku Tenggara adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 2 KEI KECIL
  2. SMKN 1 KEI KECIL

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Maluku Tenggara yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kabupaten Maluku Tengah

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Maluku Tengah adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMA N 1 BANDA
  2. SMAN 1 Saparua
  3. SMK Al-Wathan
  4. SMK N 1 MASOHI
  5. SMPN 1 Masohi
  6. SMPN 14 Ambon

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Maluku Tengah yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kepulauan Aru

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Kepulauan Aru adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMK PGRI DOBO
  2. SMP KRISTEN 1 P.P ARU

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Kepulauan Aru yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Pelaksanaan UKG Tahap 2 Kabupaten Buru

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Maluku tidak terlalu banyak kendala teknis dilaporkan, namun salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah pencapaian nilai kelulusan. Menurut pemberitaan koran setempat bahwa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Maluku serta Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota se-Maluku diminta untuk melakukan pembenahan dibidang pendidikan. Pasalnya, Provinsi Maluku yang menduduki posisi terendah dalam hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia, sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas para guru itu sendiri, karena peran guru sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dikatakan, salah satu faktor yang menjadikan hal tersebut terjadi Maluku, yakni kurangnya perhatian Dinas Pendidikan di setiap kabupaten/kota maupun provinsi dalam meningkatkan kualitas kompetensi para guru. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM guru dinilai sangat penting sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa itu sendiri. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas pendidikan di Maluku dapat serius menangani masalah ini, karena dinas pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam memajukan kualitas para guru. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Buru adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMKN 1 NAMLEA

Semoga Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Maluku akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I sehingga para guru bisa lulus UKG baik online atau manual. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Maluku berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Buru yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Program UKG Online Tahap 2 Kabupaten Polewali Mandar

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sulbar tidak terlalu banyak kendala teknis. Namun nilai rata-rata hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama untuk wilayah Sulawesi Barat, belum menggembirakan. Hasil UKG gabungan kompetensi pedagogik dan profesional, Sulbar memperoleh nilai rata-rata 39,80. Angka ini cukup jauh dibawah nilai rata-rata nasional yakni, 43,82. UKG berlangsung pada 30 juli lalu. Atas raihan ini, Provinsi Sulbar berada di posisi 30 dari 33 Provinsi se Indonesia. Atau hanya mengungguli Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NAD (Aceh). Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Polewali Mandar adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 POLEWALI
  2. SMKN 1 POLEWALI

Menurut Kemendikbud UKG merupakan ujian untuk melakukan pemetaan kompetensi guru. Mereka yang dinilai rendah kompetensinya akan diberi pelatihan. Tidak ada hubungannya sama tunjangan. Kemendikbud melakukan pemetaan agar yang belum mampu diberi bantuan pelatihan. Jadi tidak benar kalau dibilang tunjangannya dipotong. Memang, UKG sebagai salah satu solusi untuk mengetahui kualitas pendidik dan semua pendidik mendapatkan kesempatan untuk melakukan UKG tersebut. Kalau nggak ada ujian, kualitas guru tidak dapat diketahui. Disinilah salah satu penyebab pentingnya Uji Kompetensi Guru (UKG), baik online atau pun manual.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulbar akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulbar berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Polewali Mandar yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Program UKG Online Tahap 2 Kabupaten Mamuju Utara

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sulbar tidak terlalu banyak kendala teknis. Namun nilai rata-rata hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama untuk wilayah Sulawesi Barat, belum menggembirakan. Hasil UKG gabungan kompetensi pedagogik dan profesional, Sulbar memperoleh nilai rata-rata 39,80. Angka ini cukup jauh dibawah nilai rata-rata nasional yakni, 43,82. UKG berlangsung pada 30 juli lalu. Atas raihan ini, Provinsi Sulbar berada di posisi 30 dari 33 Provinsi se Indonesia. Atau hanya mengungguli Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NAD (Aceh). Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di wilayah ini adalah dari tanggal 23 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMAN 1 PASANGKAYU

Menurut Kemendikbud UKG merupakan ujian untuk melakukan pemetaan kompetensi guru. Mereka yang dinilai rendah kompetensinya akan diberi pelatihan. Tidak ada hubungannya sama tunjangan. Kemendikbud melakukan pemetaan agar yang belum mampu diberi bantuan pelatihan. Jadi tidak benar kalau dibilang tunjangannya dipotong. Memang, UKG sebagai salah satu solusi untuk mengetahui kualitas pendidik dan semua pendidik mendapatkan kesempatan untuk melakukan UKG tersebut. Kalau nggak ada ujian, kualitas guru tidak dapat diketahui. Disinilah salah satu penyebab pentingnya Uji Kompetensi Guru (UKG), baik online atau pun manual.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulbar akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulbar berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Mamuju Utara yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Program UKG Online Tahap 2 Kabupaten Mamuju

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sulbar tidak terlalu banyak kendala teknis. Namun nilai rata-rata hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama untuk wilayah Sulawesi Barat, belum menggembirakan. Hasil UKG gabungan kompetensi pedagogik dan profesional, Sulbar memperoleh nilai rata-rata 39,80. Angka ini cukup jauh dibawah nilai rata-rata nasional yakni, 43,82. UKG berlangsung pada 30 juli lalu. Atas raihan ini, Provinsi Sulbar berada di posisi 30 dari 33 Provinsi se Indonesia. Atau hanya mengungguli Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NAD (Aceh). Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Mamuju adalah dari tanggal 30 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SDN 1 Mamuju
  2. SMAN 1 MAMUJU
  3. SMAN 2 MAMUJU
  4. SMK RANGAS MAMUJU
  5. SMPN 2 MAMUJU

Menurut Kemendikbud UKG merupakan ujian untuk melakukan pemetaan kompetensi guru. Mereka yang dinilai rendah kompetensinya akan diberi pelatihan. Tidak ada hubungannya sama tunjangan. Kemendikbud melakukan pemetaan agar yang belum mampu diberi bantuan pelatihan. Jadi tidak benar kalau dibilang tunjangannya dipotong. Memang, UKG sebagai salah satu solusi untuk mengetahui kualitas pendidik dan semua pendidik mendapatkan kesempatan untuk melakukan UKG tersebut. Kalau nggak ada ujian, kualitas guru tidak dapat diketahui. Disinilah salah satu penyebab pentingnya Uji Kompetensi Guru (UKG), baik online atau pun manual.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulbar akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulbar berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Mamuju yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Program UKG Online Tahap 2 Kabupaten Mamasa

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sulbar tidak terlalu banyak kendala teknis. Namun nilai rata-rata hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama untuk wilayah Sulawesi Barat, belum menggembirakan. Hasil UKG gabungan kompetensi pedagogik dan profesional, Sulbar memperoleh nilai rata-rata 39,80. Angka ini cukup jauh dibawah nilai rata-rata nasional yakni, 43,82. UKG berlangsung pada 30 juli lalu. Atas raihan ini, Provinsi Sulbar berada di posisi 30 dari 33 Provinsi se Indonesia. Atau hanya mengungguli Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NAD (Aceh). Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di wilayah ini adalah dari tanggal 30 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di Kabupaten Mamasa, seperti :SMK Negeri 1

Menurut Kemendikbud UKG merupakan ujian untuk melakukan pemetaan kompetensi guru. Mereka yang dinilai rendah kompetensinya akan diberi pelatihan. Tidak ada hubungannya sama tunjangan. Kemendikbud melakukan pemetaan agar yang belum mampu diberi bantuan pelatihan. Jadi tidak benar kalau dibilang tunjangannya dipotong. Memang, UKG sebagai salah satu solusi untuk mengetahui kualitas pendidik dan semua pendidik mendapatkan kesempatan untuk melakukan UKG tersebut. Kalau nggak ada ujian, kualitas guru tidak dapat diketahui. Disinilah salah satu penyebab pentingnya Uji Kompetensi Guru (UKG), baik online atau pun manual.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulbar akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulbar berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Mamasa yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Program UKG Online Tahap 2 Kabupaten Majene

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sulbar tidak terlalu banyak kendala teknis. Namun nilai rata-rata hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama untuk wilayah Sulawesi Barat, belum menggembirakan. Hasil UKG gabungan kompetensi pedagogik dan profesional, Sulbar memperoleh nilai rata-rata 39,80. Angka ini cukup jauh dibawah nilai rata-rata nasional yakni, 43,82. UKG berlangsung pada 30 juli lalu. Atas raihan ini, Provinsi Sulbar berada di posisi 30 dari 33 Provinsi se Indonesia. Atau hanya mengungguli Provinsi Maluku, Maluku Utara dan NAD (Aceh). Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Majene adalah dari tanggal 23 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMKN 1 Majene Rg. 1
  2. SMKN 1 Majene Rg. 2
  3. SMKN 1 Majene Rg. 3

Menurut Kemendikbud UKG merupakan ujian untuk melakukan pemetaan kompetensi guru. Mereka yang dinilai rendah kompetensinya akan diberi pelatihan. Tidak ada hubungannya sama tunjangan. Kemendikbud melakukan pemetaan agar yang belum mampu diberi bantuan pelatihan. Jadi tidak benar kalau dibilang tunjangannya dipotong. Memang, UKG sebagai salah satu solusi untuk mengetahui kualitas pendidik dan semua pendidik mendapatkan kesempatan untuk melakukan UKG tersebut. Kalau nggak ada ujian, kualitas guru tidak dapat diketahui. Disinilah salah satu penyebab pentingnya Uji Kompetensi Guru (UKG), baik online atau pun manual.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulbar akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulbar berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Majene yang bersumberkan Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Daerah di Sultra yang belum terjadwal UKG Online II

Beberapa daerah di wilayah Sultra (Sulawesi Tenggara) belum terjadwal UKG Online tahap II. Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di daerah-daerah tersebut kemungkinan tetap dilaksanakan namun kami lihat jadwal UKG tahap II untuk beberapa daerah di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara ini berdasarkan data Panitia (Kemdikbud) belum/tidak ditampilkan. Tampaknya di daerah ini adanya keterbatasan perangkat jaringan internet sehingga bisa saja UKG tetap dijalankan namun dengan sistem offline alias manual. Beberapa daerah yang kami maksudkan diantaranya : Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Muna, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Utara. Memang dalam aturan UKG Kemdikbud, bahwa sistem manual atau sistem paper-pencil-test dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Sistem manual bisa dilaksanakan, tapi harus pada tempat yang memenuhi sejumlah persyaratan, diataranya bahwa tempat UKG dengan menggunakan sistem manual (paper-pencil-test) direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan disetujui oleh Badan PSDMPK-PMP.

Tatacara Pendaftaran tempat UKG :



1. LPMP mengkoordinasikan pendaftaran tempat UKG untuk masing-masing kabupaten/kota.

2. Dinas mengusulkan tempat UKG kepada LPMP sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

3. LPMP melakukan klarifikasi tempat UKG dengan tujuan memastikan semua persyaratan terpenuhi untuk kelancaran pelaksanaan UKG. Penempatan atau distribusi guru ke lokasi atau tempat UKG ditentukan berdasarkan domisili atau tempat tinggal guru yang bersangkutan. Distribusi guru tersebut dilakukan oleh LPMP bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap peserta UKG online hanya dapat mengikuti ujian pada tempat UKG yang telah ditentukan.

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Provinsi ini akan berlangsung dengan lancar dibandingkan tahap I. Sebab, Mendikbud Muhammad Nuh menjamin bahwa pelaksanaan UKG II akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di wilayah ini berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info program UKG Tahap II di wilayah ini, semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!. Terima kasih!

Read More...

Lokasi dan Jadwal UKG Tahap 2 Kota Kendari

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sultra dikabarkan mendapat masalah teknis seperti terganggunya koneksi jaringan internet. Salah satu contohnya, pelaksanaan UKG di Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kolaka yang sering molor waktu pelaksanaanya karena jaringan yang terganggu. Disamping itu menurut pemberitaan lokal banyak guru di Sultra ketahuan tidak bisa mengopersikan komputer. Terbukti, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) banyak guru yang kesulitan mengerjakan soal lantaran tidak bisa mengoperasionalkan komputer. Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Bambang Tawardi mengatakan, akibat minimnya pemahaman guru terhadap cara mengopersikan komputer membuat para tenaga pendidik ini kesulitan dalam mengerjakan soal. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Kendari adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 Kendari
  2. SMKN 4 Kendari
  3. SMPN 1 Kendari
  4. SMPN 4 Kendari

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sultra akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sultra berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Kendari yang bersumber resmi dari Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Lokasi dan Jadwal UKG Tahap 2 Kota Bau-Bau

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sultra dikabarkan mendapat masalah teknis seperti terganggunya koneksi jaringan internet. Salah satu contohnya, pelaksanaan UKG di Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kolaka yang sering molor waktu pelaksanaanya karena jaringan yang terganggu. Disamping itu menurut pemberitaan lokal banyak guru di Sultra ketahuan tidak bisa mengopersikan komputer. Terbukti, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) banyak guru yang kesulitan mengerjakan soal lantaran tidak bisa mengoperasionalkan komputer. Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Bambang Tawardi mengatakan, akibat minimnya pemahaman guru terhadap cara mengopersikan komputer membuat para tenaga pendidik ini kesulitan dalam mengerjakan soal. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Bau-Bau adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 BAUBAU
  2. SMKN 1 Baubau
  3. SMKN 2 Baubau
  4. SMPN 3 Baubau

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sultra akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sultra berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Bau-Bau yang bersumber resmi dari Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Lokasi dan Jadwal UKG Tahap 2 Kabupaten Konawe

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sultra dikabarkan mendapat masalah teknis seperti terganggunya koneksi jaringan internet. Salah satu contohnya, pelaksanaan UKG di Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kolaka yang sering molor waktu pelaksanaanya karena jaringan yang terganggu. Disamping itu menurut pemberitaan lokal banyak guru di Sultra ketahuan tidak bisa mengopersikan komputer. Terbukti, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) banyak guru yang kesulitan mengerjakan soal lantaran tidak bisa mengoperasionalkan komputer. Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Bambang Tawardi mengatakan, akibat minimnya pemahaman guru terhadap cara mengopersikan komputer membuat para tenaga pendidik ini kesulitan dalam mengerjakan soal. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Konawe adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SDN 1 Unaaha
  2. SMKN 1 UNAAHA - A
  3. SMKN 1 UNAAHA - B
  4. SMPN 1 Wawotobi

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sultra akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sultra berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Konawe yang bersumber resmi dari Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Lokasi dan Jadwal UKG Tahap 2 Kabupaten Kolaka

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Sultra dikabarkan mendapat masalah teknis seperti terganggunya koneksi jaringan internet. Salah satu contohnya, pelaksanaan UKG di Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kolaka yang sering molor waktu pelaksanaanya karena jaringan yang terganggu. Disamping itu menurut pemberitaan lokal banyak guru di Sultra ketahuan tidak bisa mengopersikan komputer. Terbukti, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) banyak guru yang kesulitan mengerjakan soal lantaran tidak bisa mengoperasionalkan komputer. Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Bambang Tawardi mengatakan, akibat minimnya pemahaman guru terhadap cara mengopersikan komputer membuat para tenaga pendidik ini kesulitan dalam mengerjakan soal. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Kolaka adalah dari tanggal 9 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 Kolaka
  2. SMKN 1 Kolaka
  3. SMPN 1 Kolaka
  4. SMPN 2 Kolaka

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sultra akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sultra berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Kolaka yang bersumber resmi dari Kemdikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kota Palu

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di ibukota Sulteng Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kota Palu adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMPN 1 PALU
  2. SMPN 2 PALU
  3. SMPN 4 PALU

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kota Palu yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kabupaten Tolitoli

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Tolitoli adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMAN 1 TOLITOLI
  2. SMPN 2 TOLITOLI

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Tolitoli yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kabupaten Poso

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Poso adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMA N 1 POSO
  2. SMA N 3 POSO

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Poso yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kabupaten Parigi Moutong

Secara umum pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Parigi Moutong adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMA N 1 PARIGI
  2. SMP N 2 PARIGI

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Parigi Moutong yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kabupaten Donggala

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Donggala adalah dari tanggal 2 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti :

  1. SMA N 1 BANAWA
  2. SMK N 1 BANAWA

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Donggala yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Jadwal UKG Online II Kabupaten Buol

Pelaksanaan UKG Guru Tahap I di Provinsi Sulteng (Sulawesi Tengah) dikabarkan hasilnya belum begitu memuaskan. Sebagai contoh pelaksanaan UKG Tahap I di Kota Palu, dari 642 guru SMP, hanya 12 orang di antaranya yang meraih nilai 70 atau sesuai standar nasional. Itupun sudah ditambah beberapa orang guru mata pelajaran yang telah meraih nilai 70 namun harus mengikuti ujian ulang karena soal UKG-nya adalah soal SMA, bukan SMP. Informasi yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Palu, peraih nilai tertinggi pada UKG SMP tahap pertama adalah Anto Suliharso, guru Matematika dari SMP Negeri 8 Palu. Adapun untuk jadwal UKG Guru Tahap II di Kabupaten Buol adalah dari tanggal 3 Oktober s.d. selesai. Pelaksanaan Ujian diselenggarakan di sejumlah TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang terdapat di wilayah ini, seperti : di SMKN 1 BIAU

Tentunya kita semua berharap bahwa Pelaksanaan UKG Guru Tahap II di Sulteng akan lebih baik lagi dibandingkan tahap I. Sebab Mendikbud Mohammad Nuh menjamin pelaksanaannya akan lebih baik. Oleh karena itu, menurutnya, guru peserta tidak perlu khawatir. Semua persiapannya sudah dilakukan lebih baik. Menurutnya para guru peserta tak usah berpikir terlalu jauh. UKG dilakukan demi kebaikan dan untuk pemetaan. Persiapkan diri sebaik-baiknya. Semoga saja UKG di Sulteng berjalan dengan lancar, Amin Ya Rabbal Alamin!

Demikian info jadwal dan tempat pelaksanaan UKG Online Tahap II di Kabupaten Buol yang data panitia / Kemendikbud. Terima kasih!

Read More...

Popular Posts

There was an error in this gadget

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates