Sponsored Links

Saturday, October 27, 2012

UKG Online Tahap II Berjalan Lancar

Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) online tahap kedua yang dimulai, Selasa (2/10/12), di sejumlah daerah relatif lancar. Hal ini karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah pelaksanaan UKG online berdasarkan kesiapan daerah dan tempat uji kompetensi (TUK). Sebagai contoh pelaksanaan UKG Online Jakarta Selatan. Hingga hari kedua, penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua di Jakarta Selatan berjalan tanpa kendala. Sebanyak 40 guru mendapat kesempatan untuk menjalankan ujian pada hari kedua pelaksanaan UKG. Panitia Lokal UKG online di salah satu tempat uji kompetensi (TUK) di SMP Negeri 19, Dadi Ardiansyah, mengatakan bahwa pelaksanaan UKG gelombang kedua sejak hari pertama lalu tidak ada masalah. Dia berharap hingga hari terakhir, UKG online di kawasan Jakarta Selatan, terutama di sekolahnya, tetap berjalan lancar.

Bahkan menurut Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo, berdasarkan pantauan pihaknya bahwa pelaksanaan UKG online hari pertama lancar. Ia berkunjung di beberapa tempat di Jawa Tengah yang pada UKG tahap pertama bermasalah, sekarang bisa lancar. Ia mengapresiasi pelaksanaan UKG gelombang kedua yang lebih baik.

Sesuai data Kemendikbud, pada Selasa ini ada 98 kabupaten/kota di 15 provinsi yang menggelar UKG online. Pelaksanaan UKG online kali ini dilaksanakan secara fleksibel selama kurun waktu 2 Oktober - 2 November 2012.

Menurut Sulistiyo, hasil uji kompetensi guru ini mesti ditindaklanjuti dengan pembinaan guru dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) secara berkesinambungan. Diklat online, perlu dikaji betul keefektifannya. Sebab, banyak guru yang sebenarnya menjalani pendidikan jarak jauh lewat modul maupun online di perguruan tinggi, tetapi peningkatan yang diharapkan belum nampak. Karena itu, desain diklat guru mesti yang teapt dengan kondisi dan kebutuhan guru yang ada," kata Sulistiyo.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “UKG Online Tahap II Berjalan Lancar”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates