Sponsored Links

Sunday, October 28, 2012

Sistem UKG Tahap Kedua Lebih Baik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus membenahi sistem dan memperkuat data peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua. Dijadwalkan, UKG tahap kedua akan masih digelar sejak 2 Oktober 2012 s.d. 2 November 2012. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof. Syawal Gultom mengatakan, persiapan UKG tahap kedua telah memasuki tahap sinkronisasi data. Semua data yang masuk dicocokkan, dan dilimpahkan ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Setelah itu, semua data peserta di tiap-tiap tempat uji kompetensi (TUK) akan merujuk data peserta yang diperoleh dari LPMP tersebut.

Selain itu, jumlah TUK untuk UKG gelombang kedua juga akan ditambah. Dari gelombang sebelumnya yang menggunakan 2900 TUK, di gelombang kedua jumlahnya akan menembus angka tiga ribu TUK. Hal itu dilakukan untuk menampung semua peserta dengan tertib, tidak bertumpuk dan lebih efisien secara waktu. Untuk diketahui, pelaksanaan UKG di gelombang pertama pada Agustus lalu menuai banyak kritik. Pasalnya, terjadi kekacauan di sejumlah daerah saat hajat yang menguji kompetensi 1.020.000 ribu guru guru itu dilaksanakan. Khususnya di hari pertama dan kedua UKG. Pemicu utama kekacauan itu adalah basis data yang bobrok, dan koneksitas internet yang terganggu.

Sistem UKG Tahap Kedua diklaim lebih baik oleh Kemdikbud. Menurut hemat kami sistem yang dimaksudkan adalah dua sistem UKG yakni yakni paper-pencil-test dan sistem ujian online terus diperbaiki. Sistem paper-pencil-test / sistem manual dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Sistem UKG Tahap Kedua Lebih Baik”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates