Sponsored Links

Saturday, October 27, 2012

Menyimak Soal-soal UKG Online

Berdasarkan data yang dihimpun dari hasil laporan dan pengaduan dari pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap kedua, menunjukkan bahwa para peserta UKG masih menemukan soal-soal ujian yang dinilai tidak layak dan sembarangan dibuat. Masalah soal-soal yang dinilai tidak valid dan tidak reliabel seperti yang pernah terjadi di tahap pertama berulang di gelombang kedua. Menurut Sekjen FSGI Retno Listyarti masih dijumpai adanya soal yang salah ketik, kaidah penulisan soal yang tidak benar, tidak adanya jawaban, bahkan ada pilihan jawaban tetapi soalnya tidak ada. Kemudian paling banyak ada soal yang merujuk ke gambar atau tabel, namun keduanya tidak muncul, sehingga peserta kebingungan menjawab, ini tidak dapat dibiarkan.

Retno melanjutkan, masih ada 13 kecacatan soal dalam laporan yang rencananya akan disampaikan langsung ke pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dimintai pertanggungjawabannya. Berdasarkan laporan tersebut, FSGI menuntut Kemendikbud agar mau mengakui berbagai kelemahan UKG Kedua secara terbuka dan mengevaluasinya. FSGI juga menilai, secara substansi pilihan ganda dalam soal tidak dapat dijadikan alat ukur yang tepat untuk menakar kualitas guru, apalagi soal yang disajikan terkesan asal-asalan.

"Biar tidak saling tuding, kami juga menantang Mendikbud untuk membahas soal-soal gagal tersebut dimana soal itu tidak sesuai dengan kisi-kisi maupun kurikulum. Saya meminta soal jangan dimusnahkan dulu, untuk adanya pembahasan soal, jika perlu bertemu dengan para penulis soal tersebut," tuturnya.

"Kami juga memfoto soal meski hanya beberapa soal sebagai contoh bahwa laporan kesalahan soal UKG itu benar salah," tambahnya.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Menyimak Soal-soal UKG Online”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates