Sponsored Links

Saturday, October 27, 2012

Kontribusi UKG terhadap Perombakan Kurikulum

Berbagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negeri ini ditempuh oleh Pemerintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan pihaknya terus melakukan berbagai usaha. Disamping perombakan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2013-2014, Kemendikbud akan terus memperjuangkan penyelenggaraan Uji Kompetensi Guru (UKG). Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan, perombakan kurikulum yang tengah dimatangkan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung kualitas guru yang mumpuni. Untuk itu, UKG dilakukan sebelum kurikulum baru selesai dibahas. Menurutnya, sebagus apapun kurikulum, kalau guru tidak disiapkan, tidak akan bisa berjalan dengan baik. Makanya bersamaan dengan ini kita siapkan guru dengan melaksanakan UKG.

Ia menjelaskan bahwa selain untuk memetakan kemampuan dan kualitas guru, UKG bermanfaat juga untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran sekaligus pengajarannya. Dengan begitu, guru dapat mengukur kemampuannya dalam mengajar dan penguasaan materi.

Sebagai info, bahwa salah satu materi yang diujikan dalam UKG adalah kompetensi profesional yang menguji guru dari aspek-aspek penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Diolah dari berbagai sumber

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Kontribusi UKG terhadap Perombakan Kurikulum”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates