Sponsored Links

Friday, October 12, 2012

Jika Soal UKG Salah Laporkan ke Panitia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. Muhammad Nuh meminta pada para guru peserta UKG Online II. apabila (ditemukan) soal uji kompetensi guru (UKG) yang salah, agar melapor ke dinas pendidikan terdekat. Karena soal UKG yang salah bisa menyebabkan para guru tidak lulus. Ditanya kemungkinan adanya kesalahan soal UKG seperti keluhan sejumlah guru peserta UKG tahap pertama, beliau menyatakan pihaknya akan mengecek hal itu. "Karena itu, laporkan kalau ada (soal yang salah)," katanya.

Sebagai tambahan selama penyelenggaraan UKG Online tahap I, soal Uji Kompetensi Guru (UKG) yang disajikan dalam ujian dinilai kerap melenceng dari subtansi uji kompetensi. Menurut Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti, bahwa (sebagian) soal ditulis tidak sesuai EYD dan membingungkan. Umumnya, kekacauan pada soal-soal UKG meliputi soal yang dinilai kurang berkualitas, tak munculnya soal di layar komputer padahal peserta telah berhasil mendaftar dan terkoneksi, serta soal yang muncul tidak sesuai dengan bidang studi peserta yang login. Selain itu, masalah lainnya adalah munculnya pilihan jawaban tanpa soal atau soal tanpa pilihan jawaban, soal dan pertanyaan yang tidak dilengkapi teks yang merujuk soal, serta soal yang tidak dilengkapi dengan gambar, grafik dan tabel.

Berikut kami berikan contoh soal UKG soal UKG yang dianggap salah oleh sebagian pengamat :

Mapel Sosiologi (SMA)

Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...

a. Konsiliasi

b. Mediasi

c. Arbitrasi

d. Komunikasi

Analisis pengamat : soal ini menurut para guru tidak jelas arahnya atau terlalu umum karena belum selesai (belum mengarah pada jawaban yang diinginkan penulis soal). Pilihan jawaban pun terlalu terbatas.

Bahasa Indonesia (SMP)

Budi, Reni, dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai dirumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar. Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

a.kami ; dia ;beliau ; biliau

b.kami : beliau ; beliau ; dia

c.mereka ; beliau ; dia ; beliau

d.mereka ; dia ; belau ; saya

Sebagai catatan, soal-soal tersebut ditulis berdasarkan naskah soal aslinya. Kesalahan huruf dan tanda baca merupakan kesalahan yang berasal dari soal UKG tersebut.

Untuk diketahui bahwa polemik mengenai soal pada UKG menjadi sorotan sejumlah pihak. Persoalan yang banyak muncul adalah tidak sesuainya soal yang disajikan dengan kompetensi atau bidang studi yang diampu guru. Sementara, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan bahwa semua soal dalam UKG sudah melewati proses sesuai aturan yang berlaku. Mulai dari pembuatan kisi-kisi, diuji coba oleh para pakar, sampai akhirnya dinyatakan sebagai soal ujian.

Pada penyelenggaraan UKG Online tahap II, menurut laporan yang dihimpun Forum Komunikasi Guru Indonesia (FSGI) dari daerah menunjukkan masih banyaknya masalah soal ujian. Diantaranya persoalan substansi yang terjadi kembali yaitu persoalan salah ketik soal, tidak adanya jawaban, kemudian soal yang merujuk gambar, tabel, atau bagan gambar tidak muncul pada layar, sehingga peserta pun bingung menjawab, dan yang terakhir, persoalan teknis berupa minimnya sosialisasi dan tidak terkoneksi dengan server pusat juga masih terjadi. Selain itu masih adanya kesalahan cetak tentang kompetensi guru pun yang tidak sesuai dengan bidangnya. Contohnya, pengalaman guru lulusan FPTK Teknik Elektro Umum yang sudah bersertifikat pendidik. Dia memperoleh undangan untuk mengikuti UKG namun dimasukkan ke dalam bidang Teknik Transmisi Instalasi Listrik. Instrumen tes yang tidak relevan seperti ini menyulitkan para guru.

Menurut Laporan panitia (Kemendikbud) tentang soal bergambar telah diperhitungkan secara teknis sehingga akan muncul dengan baik. Jika dijumpai kasus ada soal bergambar yang tidak muncul gambarnya, hal ini karena proses install paket soal tidak sempurna. Jika hal ini terjadi maka proses install paket soal di TUK sebaiknya dilakukan ulang pada saat peserta sedang tidak ujian (cukup dengan satu perintah dari consul sever ukgtool install paket-3. Perintah tersebut membutuhkan 2 - 3 menit).

Diolah dari berbagai sumber sebagai bahan evaluasi

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Jika Soal UKG Salah Laporkan ke Panitia”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates