Sponsored Links

Saturday, October 13, 2012

Cara Menjawab Soal UKG

Pagelaran UKG bertujuan untuk memetakan penguasaan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik ataupun profesional. Hal ini merupakan dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi memang diperlukan suatu pemetaan kompetensi yang secara detail bisa mendeskripsikan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru.

Uji kompetensi guru (UKG) tahun 2012 dilaksanakan dengan menggunakan dua sistem yakni paper-pencil-test dan sistem ujian online. Sistem paper-pencil-test merupakan sistem manual yang dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem ujian online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Pengembangan instrumen uji kompetensi guru terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit. Berikut akan kami sampaikan Cara Menjawab Soal UKG sebagai suatu tips yang bisa memaksimalkan perolehan skor ujian bagi para peserta UKG Tahap II yang digelar Pemerintah dari tanggal 2 Oktober s.d. 2 November 2012.

Sebagai salah satu jenis ujian, Uji kompetensi guru (UKG) dalam pelbagai bentuknya mempengaruhi hampir semua pesertanya. Bagi mereka yang mendapatkan skor optimal tentunya disamping merasa bangga/puas juga bisa mendapatkan status lulus dari ujian. Sedangkan bagi mereka yang tidak mendapatkan skor minimal untuk lulus, mereka belum menuntaskan UKG-nya karena mereka akan diberikan pembinaan semacam diklat online yang bakal digelar Pemerintah pada tahun 2013.

Persiapan ujian UKG harus dipersiapkan sedini mungkin agar hasilnya optimal. Sistem Cramming atau sistem belajar kebut semalam tidak kami sarankan. Sistem tersebut merupakan praktek tradisional yang harus dipandang sebagai upaya terakhir dan tentunya bukan sebagai tahap yang direncanakan dalam persiapan ujian. Salah satu kelemahan sistem belajar ini adalah menghalangi belajar yang tuntas dan bisa menyebabkan kebingungan selama ujian.

Baiklah kami akan sampaikan bagaimana Cara Menjawab Soal UKG. Sebagaimana sudah kami sampaikan bahwa soal UKG didesain sedemikian rupa dengan berbasis kisi-kisi dan diberikan dalam bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Salah satu tipsnya agar Bapak/Ibu guru/kepala sekolah/pengawas sekolah dapat menjawab benar soal jenis ini adalah harus memahami bahan belajar anda secara tuntas sesuai dengan mata pelajaran yang diampu atau sesuai dengan tugas kepemimpinan yang diberikan (kepala sekolah/pengawas sekolah).

Selain menguasai bahan ujian, anda juga harus menguasai sebanyak mungkin mengenai UKG-nya sendiri : jumlah soal, beban diferensial dari bagian-bagian ujian, kondisi khusus, dan sebagainya. Solusi masalah ini adalah : tanyakan kepada atasan anda atau tanyakan kepada peserta sebelumnya yang mengikuti UKG mengenai pengalaman mereka. Langkah penting yang harus anda lakukan dalam ujian UKG adalah membaca petunjuk dengan cermat.

Cara Menjawab Soal UKG

  1. Pastikan untuk mengisi jawaban secara lengkap
  2. Pastikan juga bahwa anda memilih jawaban anda pada option yang benar
  3. Bekerja cepat namun harus cermat dalam ujian serta kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu
  4. Temukan kata-kata kunci dalam setiap soal yang bisa menuntun anda menjawab benar
  5. Menerka jawaban hanya dibolehkan jika tidak ada sanksi pengurangan nilai jika salah
  6. Tidak menyontek dalam ujian

Contoh Soal

Berikut kami berikan contoh soal UKG Kemdikbud:

Mapel Sosiologi (SMA)

Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...

a. Konsiliasi

b. Mediasi

c. Arbitrasi

d. Komunikasi

Bahasa Indonesia (SMP)

Budi, Reni, dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai di rumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak Ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar. Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

a.kami ; dia ;beliau ; biliau

b.kami : beliau ; beliau ; dia

c.mereka ; beliau ; dia ; beliau

d.mereka ; dia ; belau ; saya

Silakan coba jawab peroalan-persoalan tersebut dengan menggunakan cara tersebut, selamat berlatih! Demikian tips Cara Menjawab Soal UKG online dan manual, diharapkan bisa membantu para peserta UKG, Terima kasih!

Para Penulis :

Drs. Asep R, S.H.

Dra. Enafa, S.E.

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Cara Menjawab Soal UKG”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates