Sponsored Links

Saturday, October 13, 2012

Tips Lulus UKG Online Tahap 2

Lulus UKG (Ujian Kompetensi Guru) baik online atau offline, penting artinya bagi seorang guru. Kesuksesan UKG bukan hanya membuat guru merasa puas dan bangga dengan profesinya namun juga bisa menentukan karier jabatan dalam lingkungannya. Tentunya untuk bisa meraih kelulusan UKG apalagi dengan nilai yang membanggakan, seorang guru peserta UKG harus melakukan persiapan-persiapan. Berikut tim ujikompetensiguru.com memberikan beberapa tips atau cara lulus UKG Online yang diharapkan mampu membantu para guru di Indonesia.

Tips Akademis

Dalam rangka kesuksesan UKG baik online atau offline, seorang guru harus memahami kisi-kisi UKG 2012. Disamping itu harus mencoba untuk berlatih soal-soal berdasarkan kisi-kisi resmi UKG yang diberikan oleh Pemerintah (Kemdikbud). Begitu pula untuk calon peserta UKG Tahap II, mereka juga harus memahami kisi-kisi resmi UKG gelombang 2 yang dibuat oleh panitia.

Untuk berlatih soal, para guru di Indonesia bisa memanfaatkan latihan yang diberikan di situs ini. Dengan persiapan materi yang baik maka guru peserta UKG hampir dipastikan bisa menjawab soal-soal sesuai profesinya, baik soal pedagodik atau pun profesional.

Tips Teknis

Secara teknis, banyak guru diberitakan gagal UKG karena kendala ini. Kendala yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari kemampuan peserta namun juga karena persiapan panitia atau masalah teknis lainnya. Untuk masalah teknis penggunaan / pengoperasian komputer seorang guru harus rajin belajar bagaimana menggunakan komputer untuk ujian online. Rendahnya kemampuan mengoperasionalkan komputer menjadi faktor utama gagalnya mayoritas guru dalam uji kompentensi pertama.

Disamping kemampuan komputer juga, dalam pelaksanaan ujian seorang peserta harus berhati dalam mengentrikan data agar tak terjadi kegagalan teknis. Penting juga diperhatikan bahwa banyak peserta yang gagal karena faktor ijazah yang dimiliki dengan bidang studi yang telah tersertifikasi tak linier dengan jurusannya sehingga kode soal maupun kode identitas guru berbeda. Contohnya, guru berijazah geografi mengajar mata pelajaran (mapel) PPKn atau guru berijazah akuntansi mengajar mapel sejarah tidak masuk data. Meski kedua mata pelajaran tersebut masuk kategori IPS.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Tips Lulus UKG Online Tahap 2”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates