Sponsored Links

Saturday, September 29, 2012

Kisi-kisi Soal UKG Pengawas dan Kepala Sekolah

Kepala sekolah pada hakekatnya merupakan pemimpin yang tugas kesehariannya menjalankan principalship atau kekepalasekolahan. Istilah kekepalasekolahan mengandung makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah. Penjelasan ini dipandang penting, karena terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah, seperti administrasi sekolah (school administrator), pimpinan sekolah (school leader), manajer sekolah(school manajer), dan sebagainya.

Selain Kepala Sekolah terdapat juga jabatan lain yang berhubungan yakni pengawas sekolah. Program peningkatan mutu guru untuk menjadi profesional tidak terlepas dari mutu Pengawas Sekolah/Pengawas Satuan Pendidikan, mengingat posisi strategis pengawas sekolah sebagai pembina di sekolah binaannya, oleh karena itu upaya peningkatan kompetensi pengawas sekolah dalam melaksanakan pembimbingan dan

pelatihan keterampilan guru dalam melaksanakan tugas pokoknya menjadi sangat penting dan strategis. Hal ini perlu dilakukan melalui kerjasama berbagai pihak yang terlibat. Tugas pengawas satuan pendidikan/pengawas sekolah dalam melakukan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu merencanakan, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran/pembimbingan, dan membina tenaga kependidikan lainnya baik pada satuan pendidikan maupun melalui KKG/MGMP/MKKS atau bentuk lain yang dapat meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Untuk memperoleh pemahaman bersama tentang pelaksanaan tugas pengawas satuan pendidikan sesuai dengan amanat peraturan perundang undangan, maka perlu disusun satu model pola pembimbingan terhadap guru maupun kepala sekolah melalui model perangkat pengawasan baik pengawasan akademik maupun pengawasan yang bersifat manajerial.

Pemerintah juga menjadwalkan UKG bagi Kepala Sekolah dan Pengawas secara khusus di gelombang kedua, yang digelar mulai 2 Oktober 2012 mendatang. Ujian tersebut diselenggarakan bersamaan dengan UKG ulang bagi guru-guru yang gagal ujian di gelombang pertama akibat berbagai hal.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Unifah Rasyidi mengatakan, sebagian kepala sekolah telah mengikuti UKG di gelombang pertama. Akan tetapi kepala dan pengawas sekolah wajib kembali mengikuti UKG di gelombang kedua karena ada materi ujian lain yang harus diujikan.

Ujian khusus untuk Kepsek dan pengawas, akan diselenggarakan bersamaan dengan UKG ulang bagi guru-guru yang gagal mengikuti UKG gelombang pertama.

Download Kisi-kisi UKG untuk Pengawas dan Kepala Sekolah

  1. Silakan Download Kisi-kisi Pengawas Sekolah
  2. Silakan Download Kisi-kisi Kepala Sekolah
Demikian Kisi-kisi UKG untuk Pengawas dan Kepala Sekolah kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Kisi-kisi Soal UKG Pengawas dan Kepala Sekolah”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates