Sponsored Links

Tuesday, September 18, 2012

Jadwal UKG Manual Atau Offline

Sebanyak 50 daerah kabupaten/kota akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan sistem manual atau offline. Penyelenggaraan UKG manual tersebut diadakan Kemdikbud, karena daerah tersebut tidak dapat dijangkau jaringan internet / intranet.

Sekitar 50 daerah yang tidak dapat dijangkau internet, telah diidentifikasi oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan LPMP.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud Dr Unifah Rosyidi MPd mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala hal terkait UKG, baik dengan sistem online maupun manual.

Teknis pelaksanaan sistem manual, para peserta akan mengikuti ujian dengan mengerjakan materi dengan mengisi lembar jawab. Sementara yang dengan online langsung akan mengerjakan melalui komputer yang tersambung ke server Kemdikbud.

Kemdikbud tidak bisa memaksakan semua daerah melaksanakan UKG dengan online. Bagi yang melakukan secara manual juga difasilitasi.

Kegagalan UKG online beberapa waktu lalu tidak lantas semua ujian diganti dengan manual. Sebab, tujuan UKG online salah satunya untuk mengubah pola pikir guru agar bisa belajar maju, sehingga yang menggunakan manual hanya daerah yang teridentifikasi tidak terjangkau internet.

Meskipun sempat mengalami kegagalan di UKG pertama, ternyata antusiasme guru tetap tinggi untuk mengikuti atau mengulang UKG. Karena langkah ini bertujuan untuk pembinaan, pengembangan, pemetaan kompetensi guru, serta menjadi syarat dalam usulan kenaikan pangkat.

Selain menyiapkan segala hal untuk menunjang UKG pada Oktober nanti, setelah UKG Kemdikbud juga mempersiapkan pelatihan uji kompetensi. Pelatihan tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan kompetensi guru sesuai hasil penilaian UKG baik offline atau pun online.

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Jadwal UKG Manual Atau Offline”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 - 2016 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates