Sponsored Links

Sunday, September 30, 2012

Contoh Soal UKG Kepala Sekolah

Kepala Sekolah sebagai pemimpin tertinggi di dalam suatu sekolah / madrasah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tidak semua kepala sekolah mengerti maksud kepemimpinan, kualitas serta fungsi-fungsi yang harus dijalankan oleh pemimpin pendidikan. Setiap orang yang memberikan sumbangan bagi perumusan dan pencapaian tujuan bersama adalah pemimpin, namun individu yang mampu memberi sumbangan yang lebih besar terhadap perumusan tujuan serta terhimpunnya suatu kelompok di dalam kerja sama mencapainya, dianggap sebagai pemimpin yang sebenarnya. Orang yang memegang jabatan kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan.

Tugas Kepala Sekolah sebagai leader diantaranya memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin di bidang pengajaran, pengembangan kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi personalia staf, hubungan masyarakat, administrasi school plant, dan perlengkapan serta organisasi sekolah. Dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar, kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah dan apa yang dipikirkan orang tua dan masyarakat tentang sekolah. Dalam hubungannya dengan UKG Kepala Sekolah kami sampaikan sekilas contoh soal ukg kepala sekolah yang dikembangkan dari kisi-kisi :

Contoh Soal UKG Kepala Sekolah

  1. Bagaimana cara anda membedakan rumusan visi dan misi sekolah/madrasah?
  2. Coba rumuskan tujuan sekolah/madrasah yang anda pimpin!
  3. Apa pentingya rencana kerja bagi suatu sekolah/madrasah?
  4. Coba gambarkan cara anda menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah yang anda pimpin!
  5. Langkah-langkah apa yang anda lakukan untuk memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program sekolah/madrasah?
  6. Bagaimana langkah-langkah dalam penugasan guru atau staf dalam suatu pekerjaan tertentu?
  7. Pernahlah anda melatih guru atau staf dalam peningkatan keprofesian yang berkelanjutan?
  8. Bagaimana cara yang anda lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja guru atau staf?
  9. Prinsip apa yang anda terapkan untuk menyeleksi peserta didik baru (PPDB) di sekolah/madrasah yang anda pimpin?
  10. Apa pentingnya membuat daftar urut kepangkatan pegawai sekolah/madrasah?
  11. Bagaimana cara yang anda lakukan untuk melaksanakan follow up dari hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah?

Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antara sekolah dengan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Hubungan yang harmonis ini akan membentuk saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan lembaga-lembaga, saling membantu antara sekolah dan masyarakat karena mengetahui manfaat dan pentingnya peranan masing-masing, dan kerja sama yang erat antara sekolah dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat dan mereka merasa ikut bertanggung jawab atas suksesnya pendidikan di sekolah. Kepala sekolah juga tidak saja dituntut untuk melaksanakan berbagai tugasnya di sekolah, tetapi ia juga harus mampu menjalin hubungan kerja sama dengan masyarakat dalam rangka membina pribadi peserta didik secara optimal.

Cara kerja kepala sekolah dan cara ia memandang peranannya dipengaruhi oleh kepribadiannya, persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta ketetapan yang dibuat oleh sekolah mengenai peranan kepala sekolah di bidang pengajaran. Pelayanan pendidikan dalam dinas bagi administrator sekolah dapat memperjelas harapan-harapan atas peranan kepala sekolah. Demikian sekedar contoh soal Dimensi Manajerial UKG Kepala Sekolah, yang tentu saja bisa dikembangkan lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Contoh Soal UKG Kepala Sekolah”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates