Sponsored Links

Saturday, October 13, 2012

Cara Lulus UKG Online

Bagaimana cara Lulus UKG (Ujian Kompetensi Guru) baik online atau offline? Kami yakin hal ini bukanlah masalah yang besar buat Bapak/Ibu peserta UKG. Betapa tidak, kami yakin anda semua sering bekerja keras mengajar dan membimbing murid di sekolah agar mereka bisa lulus baik dalam ujian sekolah / ulangan umum atau pun dalam ujian nasional. Jadi, untuk sekedar bisa lulus kami yakin anda sudah tahu caranya? Tips yang akan kami sampaikan berikut ini tentang Cara Lulus UKG Online diharapkan bisa membantu anda, minimal sebagai pembanding dari tips yang sudah Bapak/Ibu miliki.

Kesuksesan UKG bukan hanya membuat guru merasa sukses dan bangga dengan profesi yang disandangnya tapi juga bisa menentukan karier jabatan dalam lingkungannya. Tentunya untuk bisa meraih kelulusan UKG apalagi dengan nilai yang membanggakan, seorang guru peserta UKG harus melakukan persiapan bai akademis atau pun teknis.

Dimensi Akademis

Dalam rangka kesuksesan UKG baik online atau offline, seorang guru harus memahami bentuk dan jenis soal UKG 2012. Hal ini bisa dilakukan dengan cara, antara lain : Mengenal dan memahami Kisi-kisi UKG, untuk materi ini silakan anda bisa download disini. Kisi-kisi tersebut versi update, lebih lengkap karena disajikan untuk UKG Tahap II.

Berlatih soal-soal UKG penting artinya untuk mengasah pengetahuan kita. Contoh soal UKG yang kami kembangkan bisa anda pelajari disini.

Coba Bapak/Ibu pasang target perolehan skor. Nilai maksimal skor UKG adalah 100 dan nilai kelulusan adalah 70. Hanya dengan 70 Anda sudah bisa lulus. Target di sini akan menentukan pemetaan kekuatan Anda. Anda tidak harus memaksakan diri mencapai nilai sempurna. Anda cukup mengukur kemampuan maksimal Anda. Misalkan Anda guru geografi maka cari mata pelajaran yang Anda kuasai, misalnya demografi, SIG, atau Skala Peta. Dengan 3 sub materi ini Anda minimal harus mengantongi nilai sekitar 60. Di materi lainnya misalnya anda pasang target dapat 20. Dengan demikian Anda memiliki target maksimal 80, sehingga anda bisa lulus!

Dimensi Teknis

Secara teknis, banyak guru diberitakan gagal UKG karena kendala ini. Kendala yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari kemampuan peserta namun juga karena persiapan panitia atau masalah teknis lainnya. Untuk masalah teknis penggunaan / pengoperasian komputer seorang guru harus rajin belajar bagaimana menggunakan komputer untuk ujian online. Rendahnya kemampuan mengoperasionalkan komputer menjadi faktor utama gagalnya mayoritas guru dalam uji kompentensi pertama.

Salah satu contoh pengoperasian komputer adalah cara menggunakan mouse dan keyboard untuk mengentrikan data atau jawaban anda. Berlatihlah menggunakan kedua alat tadi di rumah atau di tempat kerja anda, sehingga anda terbiasa atau familiar dengannya. Dan tentu saja jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. yang menjadi sandaran vertikal / utama dalam keberhasilan Anda.

Demikian Cara Lulus UKG Online kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Yaa Rabbal Alamin!

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Cara Lulus UKG Online”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates