Sponsored Links

Wednesday, August 1, 2012

Contoh Soal UKG Profesional SD, SDLB, TK, SMP, SMA, dan SMK

Kompetensi Profesional dapat berupa penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif, serta konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance: baik berupa teks, konteks, & realitas, fakta, prinsip, konsep dan prosedur, ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, maupun penerapan ilmu.

Contoh Pengembangan Soal UKG Profesional




  1. Contoh Soal UKG Guru TK

  2. Contoh Soal UKG Guru SD

  3. Contoh Soal UKG Guru SDLB

  4. Contoh Soal UKG Guru SMP

  5. Contoh Soal UKG Guru SMA

  6. Contoh Soal UKG Guru SMK





Kisi-kisi dan soal UKG dijabarkan berdasarkan:

a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
e. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan subject matter pada jenjang pendidikan tempat tugas guru. Instrumen tes untuk guru bidang studi SMP, SMA, dan SMK akan dibedakan dengan asumsi bahwa pembinaan profesi dan penilaian kinerja guru didasarkan pada tempat tugas mengajar guru. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian dari kompetensi pedagogik dimaksud.

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Contoh Soal UKG Profesional SD, SDLB, TK, SMP, SMA, dan SMK”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates