Sponsored Links

Tuesday, July 24, 2012

Sistem dan Mekanisme UKG

Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut menjadi semakin besar dengan telah dicanangkannya guru sebagai profesional oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Sehingga pada tahun 2005 terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehubungan dengan hal tersebut, kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru telah dilakukan melalui berbagai upaya.

Profesionalisme guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk memutus tunjangan profesi.

Menurut Kemdikbud ada 2 sistem Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang akan digunakan, yaitu sistem paper pencil test dan sistem ujian online. Paper pencil test diselenggarakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online diselenggarakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.

Kedua tempat ujian Kompetensi Guru tersebut ditetapkan oleh Badan PSDMPK-PMP. Secara teknis pelaksanaan UKG dikoordinasikan oleh Badan PSDMPK-PMP bekerjasama dengan PPPPTK, LPMP, Dinas Pendidikan Propinsi, Dinas Pendidikan kabupaten/kota, dan sekolah yang direkomendasikan sebagai tempat UKG.

Mekanisme Pelaksanaan UKG




  • Persiapan : Persiapan pelaksanaan UKG meliputi diantaranya kegiatan : konfirmasi dan validasi data peserta, Pendaftaran tempat UKG, Indentifikasi daerah yang tidak tersedia jaringan (network), Verifikasi tempat UKG oleh LPMP, Distribusi peserta ke tempat UKG, Pembekalan admin UKG tingkat LPMP, Pembekalan teknisi UKG tingkat kabupaten/kota, Pembentukan panitia UKG di tingkat LPMP, dan Pembentukan panitia UKG di tingkat kabupaten/kota

  • Pelaksanaan : Pada hari pelaksanaan UKG kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan diantaranya pengecekan perangkat keras pendukung pelaksanaan UKG oleh LPMP, Registrasi peserta, dan pelaksanaan UKG baik secara manual maupun secara online.


  • Diolah dengan bersumber resmi dari Kemdikbud.



Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Sistem dan Mekanisme UKG”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates