Sponsored Links

Tuesday, July 31, 2012

Contoh Soal UKG IPA SMP

Ujian UKG SMP Online dan offline 2012 meliputi kompetensi yang diasuh oleh guru-guru yang mata pelajaran Bahasa Inggris SMP, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PKn, Bimbingan Konseling (BK), dan Penjaskes. Contoh soal UKG Guru SMP yang kami tampilkan berikutnya adalah contoh soal UKG IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Contoh Soal UKG SMP IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) seharusnya dikembangkan dari sekitar 10 kompetensi pedagogik dan 5 kompetensi profesional, masing-masing beserta sub kompetensi, dan indikator esensialnya. Ke- 10 kompetensi pedagogik yang dimaksud diantaranya adalah menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Serta melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. sedangkan 4 kompetensi profesional diantaranya terdiri dari penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA di SMP/MTs dan menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran pelajaran IPA di SMP/MTs.

Contoh soal UKG SMP IPA:


  1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel

  2. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

  3. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  4. Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

  5. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya

  6. Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  7. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya



Demikian salah satu model pengayaan / pengembangan Soal UKG SMP bidang studi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), semoga bermanfaat!


Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Contoh Soal UKG IPA SMP”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates