Sponsored Links

Saturday, March 17, 2012

Rendahnya Kelulusan Uji Kompetensi Guru 2012 Jadi Perhatian Mendikbud

Rendahnya nilai kelulusan Uji Kompetensi Awal 2012 (UKA) menjadi perhatian khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Dari 281.016 peserta UKA, sebanyak 606 peserta dari kategori jabatan pengawas memiliki rerata ujian paling rendah dari kategori peserta guru taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB). Rerata ujian pengawas adalah 32,58.

Menteri Nuh menyampaikan, observasi lanjutan terhadap para pengawas akan dilakukan. Tujuannya, penanganan yang tepat dapat segera dilakukan terhadap penyebab rendahnya nilai rerata tersebut. Observasi akan mencakup sistem perekrutan, usia, latar belakang pendidikan, dan kemampuan dasar pengawas.

Mendikbud mengatakan, para pengawas kebanyakan berada di usia pensiun. Ini berdasarkan hasil pengamatan secara umum di lapangan."Untuk itu perlu adanya observasi lanjutan agar dapat melihat kemungkinan hubungan usia pengawas dengan kompetensi atau yang lainnya," ujarnya.

Dengan kondisi seperti ini, kata Menteri Nuh, ada kemungkinan peserta akan diberi pelatihan, atau bahkan akan dibuat peraturannya.

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Rendahnya Kelulusan Uji Kompetensi Guru 2012 Jadi Perhatian Mendikbud”

Post a Comment

Stats

 

Copyright © 2009 by Uji Kompetensi Guru

Template redesign by Mega Sites | Supported by Free Templates